Text
Efektivitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Surat Kabar Kelas V MI Sabilillah Pegantenan Pamekasan
Kata Kunci: Efektivitas, Bahasa Indonesia, Media Surat Kabar
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pembelajaran
Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Surat Kabar Kelas V Madrasah
Ibtida’iyah Sabilillah Pegantenan Pamekasan. Maksud judul ini adalah penelitian
tentang efektivitas dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan
media surat kabar hasil dari aktivitas dalam belajar yang merujuk kepada aspekaspek kognitif, afektif, psikomotorik pada siswa kelas V Madrasah Ibtida’iyah
Sabilillah Pegantenan Pamekasan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan,
peneliti memilih pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Dengan
tekhnik pengumpulan data wawancara, observasi, dokumentasi. Tekhnik analisis
data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif. Tekhnik ini digunakan
sebagai acuan penulisan hasil penelitian dan mempermudah dalam memahami
deskripsi yang disajikan sebagai hasil akhir dari penelitian sehingga dapat
memberikan pemahaman tentang (1) Efektivitas pembelajaran bahasa Indonesia
dengan menggunakan media surat kabar kelas V Madrasah Ibtida’iyah Sabilillah
Pegantenan Pamekasan. (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat efektivitas
pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan media surat kabar kelas V
Madrasah Ibtida'iyah Sabilillah Pegantenan Pamekasan.
Hasil penelitian ini, efektivitas pembelajaran bahasa Indonesia dengan
menggunakan media surat kabar kelas V Madrasah Ibtida’iyah Sabilillah
Pegantenan Pamekasan, telah mampu membangkitkan semangat belajar siswa,
meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan antusias siswa
pada saat mengikuti pembelajaran. Dan meningkatnnya prestasi belajar siswa
pada penilaian harian (PH) dan penilaian tengah semester (PTS) siswa pada mata
pelajaran Bahasa Indonesia. Adapun efektivitas pembelajaran bahasa Indonesia
dengan menggunakan media surat kabar, yaitu sebagai berikut: (1). Interaksi guru
dan siswa berjalan dengan baik, pembelajaran berjalan dengan lebih aktif, kreatif,
efektif. antusias belajar siswa semakin membaik, nilai prestasi belajar siswa
semakin meningkat, prestasi belajar siswa mengalami kemajuan dengan
penggunaan media surat kabar , dan diadakannya evaluasi diakhir pembelajaran
sudah mampu membuat prestasi belajar siswa lebih baik dari sebelumnya. (2)
Pemanfaatan fasilitas pembelajaran sebagai penunjang pembelajaran dan sarana
sehingga siswa lebih mudah dalam memahami materi. Melakukan kerjasama
dengan orang tua siswa. Dengan adanya kerjasama ini maka pembelajaran yang
diberikan guru di sekolah dapat dukungan dari orang tua siswa dalam
pelaksanaanya.
Dari hasil diatas, disarankan, kepada guru dan siswa untuk terus
meningkatkaan kualitas dan kreatifitas dalam pelaksanaan pembelajaran demi
lancarnya proses pembelajaran, dan untuk siswa agar selalu belajar dengan giat
dan lebih aktif lagi dalam pembelajaran
Tidak tersedia versi lain