Text
Penggunaan Media Permainan Congklak dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan pada Siswa Kelas 1 di SD Negeri Bujur Timur 3 Pamekasan
Kata Kunci: Media Permainan Congklak, Hasil Belajar, Pelajaran Matematika.
Pembelajaran Matematika membutuhkan media yang mampu menarik perhatian
siswa sehingga siswa tertarik untuk belajar. Umumnya siswa menyukai permainan
sehingga menggunakan permainan dalam pelaksanaan pembelajaran merupakan hal yang
menarik. Media yang cocok digunakan pada pelajaran Matematika khususnya materi
penjumlahan dan pengurangan yaitu congklak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
penggunaan serta kelebihan dan kekurangan media permainan congklak dalam
meningkatkan hasil belajar Matematika materi penjumlahan dan pengurangan pada siswa
kelas 1 di SD Negeri Bujur Timur 3 Pamekasan.
Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan
Kelas) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas 1 di SDN
Bujur Timur 3. PTK merupakan penelitian yang dilakukan di dalam kelas guna
mengetahui masalah-masalah dan bagaimana cara penyelesaiannya. Dalam PTK ini
peneliti menggunakan Model Kurt Lewin yang terdiri dari Perencanaan, Tindakan,
Pengamatan dan Refleksi dalam setiap siklusnya. Instrument pengumpulan data dari
penelitiana ini yaitu tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini yaitu pada saat Pra siklus rara-rata nilai siswa 57,27
dengan Ketuntasan Belajar (KB) 45,45%. Mengalalami peningkatan pada siklus 1 yaitu
dengan rata-rata nilai siswa 73,64 dan Ketuntasan Belajar (KB) 72,73%. Karena pada
siklus 1 jumlah siswa yang tuntas belum mencapai 80% maka penelitian dilanjutkan pada
siklus 2. Pada siklus 2 juga mengalami peningkatan dari siklus 1 yaitu dengan rata-rata
nilai siswa 88,18 dan Ketuntasan Belajar (KB) 90,91%. Pada siklus 2 ini ketuntasan
belajar siswa telah mencapai target keberhasilan dari penelitian ini yaitu ≥ 80% sehingga
penelitian ini hanya dilaksanakan dengan 2 siklus. Dalam penggunaannya media
congklak memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satu kelebihannya adalah materi
mudah dipahami dan kekurangannya yaitu siswa tidak fokus saat awal mengenal
congklak. Dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus sampai ke siklus 2
dapat dinyatakan bahwa media permainan congklak efektif digunakan dalam
meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Matematika materi
penjumlahan dan pengurangan
Tidak tersedia versi lain