Text
Pengaruh Personal Selling dan Kualitas Produk Terhadap Minat Menabung Anggota pada Produk Simpanan Berjangka Mudharabah (SIBERKAH) di BMT NU Cabang Kadur
Kata Kunci: Personal Selling, Kualitas Produk, Minat Anggota
BMT merupakan suatu lembaga keuangan bukan bank dengan sistem prinsip bagi hasil.
Sementaraitu bentuk badan usaha yang tepat untuk BMT adalah koperasi. Prinsip syariah
dengan sistem bagi hasil merupakan strategi dalam meningkatkan keputusan anggota untuk
menabung, menyimpan, dan pembiayaan. Ada dua hal dari manajemen pemasaran tersebut
yang harus dilakukan yaitu personal selling dan kualitas produk, personal selling mampu
meningkatkan penjualan pertahunnya karena personal selling mampu menciptakan tingkat
perhatian yang relative tinggi dan memungkinkan wiraniaga untuk menyampaikan pesan yang
sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan khusus pelanggan. Untuk kualitas produk itu sendiri,
terlebih dari kualitas produk SIBERKAH yang terus dikenalkan maupun diinformasikan,
sehingga dapat menarik minat anggota untuk memilih dan bertahan pada produk Simpanan
Berjangka Mudharabah (SIBERKAH) di BMT NU Cabang Kadur.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian asosiatif kausal. Asosiatif kausal
adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara dua variabel atau lebih.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini didapat dengan teknik pengambilan sampel
“sampling jenuh” yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan
sebagai sampel, hal ini dilakukan apabila jumlah populasi relatif kecil, dalam artian kurang dari
100 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda menggunakan
IBM SPSS Statistik. Penelitian ini bertujuan untuk dapat menarik minat anggota untuk memilih
dan bertahan pada produk Simpanan Berjangka Mudharabah (SIBERKAH) di BMT NU
Cabang Kadur.
Hasil penelitan berdasarkan hasil uji F menunjukkan bahwa personal selling dan
kualitas produk secara bersama-sama atau serentak berpengaruh signifikan terhadap
keputusan nasabah dengan Fhitung 105,961 > Ftabel 3,21 dan tingkat signifikasi 0,000 < 0,05.
Variabel kualitas produk lebih dominan berpengaruh terhadap minat anggota dengan nilai
thitung 6,453 > ttabel 2,0513 dan taraf siginifikan 0,000 < 0,05. Nilai Adjusted R Square yang
diperoleh sebesar 83,1%, sehingga pengaruh yang diberikan oleh variabel personal selling
dan kualitas produk terhadap inat anggota sebesar 83,1%
Tidak tersedia versi lain