Text
Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Keputusan Menabung dengan Citra Perusahaan sebagai Variabel Intervening di KSPPS BMT NU Cabang Larangan Pamekasan
Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Keputusan Menabung, Citra
Perusahaan.
Corporate social responsibility merupakan kontribusi dari perusahaan untuk
menjaga hubungannya dengan masyarakat yang tidak berorientasi pada profit.
Kontribusi tersebut akan membentuk citra positif perusahaan dimata masyarakat
dan akan berdampak pada pengambilan keputusan nasabah dalam hal ini
penabung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh corporate
social reponsibility terhadap keputusan menabung di KSPPS BMT NU Jawa
Timur Cabang Larangan Pamekasan, (2) Pengaruh corporate social responsibility
tehadap citra perusahaan di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Larangan
Pamekasan, (3) Pengaruh citra perusahaan terhadap keputusan menabung di
KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Larangan Pamekasan, dan (4) Pengaruh
corporate social responsibility terhadap keputusan menabung dengan citra
perusahaan sebagai variabel intervening di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang
Larangan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh penabung yang berjumlah 3.303 penabung. Metode
pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara purposive sampling
dengan kriteia pernah merasakan manfaat csr atau sekedar mengetahui adanya
program csr oleh KSPPS BMT NU Jatim Cabang Larangan Pamekasan. Sampel
yang digunakan berjumlah 97 orang dengan menggunakan rumus slovin. Analisis
data yang digunakan adalah uji t (parsial) dan uji sobel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) corporate social responsibility
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung dengan
memperoleh nilai thitung senilai 5,140 lebih besar daripada nilai ttabel (5,140 >
1,661) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (2) corporate social responsibility
berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra perusahaan menunjukkan bahwa
nilai thitung > nilai ttabel (2,813 > 1,661) dan nilai sig. ≤ 0,05 (0,006 ≤ 0,05). (3)
Citra Perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
menabung dengan dibuktikan oleh hasil uji t yang menunjukkan bahwa nilai thitung
> ttabel senilai 3,800 > 1,661 dan nilai signifikansi 0,000 > 0,05. (4) Citra
Perusahaan mampu memediasi pengaruh corporate social responsibility terhadap
keputusan menabung dengan dibuktikan hasil uji sobel yang menghasilkan nilai
Zhitung sebesar 2,287 yang lebih besar dari Ztabel 1,96.
Tidak tersedia versi lain