Text
Strategi Pemasaran produk tabungan mudharabah di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Pasean Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci:Strategi, Pemasaran, Tabungan Mudharabah.
Dalam memasarkan produk tabungan mudharabah yang ada di KSPPS BMT Nuansas
Ummat Cabang pasean, tidak lepas dari yang namanya strategi pemasaran. Salah satunya
adalah dengan menggunakan bauran pemasaran (marketing mix) yang di dalamnya ada
beberapa bagian: pertama, Produk, kedua Harga ketiga Tempat dan keempat adalah Promosi,
Strategi tersebut tentunya ada perbedaan dari lembaga kuangan lain yang ada di sekitar
KSPPS BMT NU Cabang Pasean Pamekasan.
Penelitian ini ditujukkan untuk mengetahui Bagaimana penerapan strategi pemasaran
pada produk tabungan mudharabah di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Pasean
Kabupaten Pamekasan. dan Apa saja kendala dalam menjalankan strategi pemasaran pada
produk tabungan mudharabah di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Pasean Kabupaten
Pamekasan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik
pengumpulan data dengan cara wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data
menggunakan metode reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pemasaran produk tabungan
Mudharabah di BMT NU Cabang Pasean yaitu dari bauran pemasaran atau marketing mix
yang digunakan meliputi produk, produk yang digunakan produk berupa jasa simpanan uang
dengan sistem bagi hasil tanpa riba (Halal) karena menggunakan akad mudharabah, kedua
Harga, ada sistem bagi hasil dan nasabah akan memperoleh keuntungan 40% dan lembaga
BMT NU Cabang Pasean mendapat keuntungan 60%, ketiga Promosi, dalam promosi
pengelola BMT NU Cabang Pasean menyebarkan brosur melalui media cetak dan media
sosial, keempat Lokasi distrbusi Lokasi dari BMT NU Cabang pasean berada di tengahtengah pasar, dan dalam memasarkan produk tabungan mudharabah pengelola BMT NU
cabang Pasean mengenalkan serta menawarkan produk tabungan mudharabah kemasyarakat
dengan mendatangi rumah masyarakat, dan juga pengelola BMT NU Cabang Pasean
menghadiri acara rutinan yang di adakan oleh anggota MWC NU Dan juga Fatayat NU untuk
mengenalkan serta menawarkan produk tabungan mudharabah kepada anggota dan
masyarakat. Kemudian kendalanya adalah dari aspek lingkungan banyak nasabah yang belum
paham mengenai sistem bagi hasil pada produk tabungan mudharabah yang ada di BMT NU
Cabang Pasean
Tidak tersedia versi lain