Text
Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Anggota sebagai Variabel Intervening Pada Anggota KSPPS Nuri JATIM Kantor Cabang Palduding Pamekasan
Kata Kunci: Kualitas Layanan, Kepercayaan, Kepercayaan Anggota, Loyalitas
Anggota.
Keberhasilan perekonomian di suatu negara tidak terlepas dari
bergeraknya roda di sektor keuangan. Sektor keuangan yang stabil adalah sektor
keuangan yang terus tumbuh dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Lembaga
keuangan menjadi salah satu komponen yang memegang peranan penting dalam
terciptanya sektor keuangan yang stabil. Salah satu lembaga keuangan yang
bergerak untuk masyarakat kecil adalah koperasi syariah. Koperasi syariah harus
mampu memberikan layanan terbaik dan menjaga kepercayaan dari anggotanya.
Agar tercipta kepuasan yang bisa mengarah pada loyalitas anggota.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
kuantitatif klausal atau penjelasan dengan menggunakan teknik analisis jalur (path
analysis). Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner yang disebarkan
pada anggota KSPPS Nuri Jatim Kantor Cabang Palduding Pamekasan dengan
jumlah sampel sebanyak 97 responden yang diambil dengan teknik incidental
sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan dan kepercayaan secara
parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan anggota dengan nilai
t୦୧୲୳୬ 3,621 dan 3,628 > t୲ୟୠୣ୪ 1,98552 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05.
Kualitas layanan dan kepercayaan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan
anggota dengan nilai F୦୧୲୳୬ 26,497 > F୲ୟୠୣ୪ 3,093 dan tingkat signifikansi 0,000 <
0,05. Kualitas layanan dan kepercayaan secara parsial berpengaruh positif dan
signifikan terhadap loyalitas anggota dengan nilai t୦୧୲୳୬ 3,621 dan 2,244 > t୲ୟୠୣ୪
1,98580 dan tingkat signifikansi 0,028 dan 0,016. Sedangkan untuk variable
kepuasan tidak berpengaruh secara positif namun secara signifikan berpengaruh
terhadap loyalitas anggota dengan nilai t୦୧୲୳୬ 1,785 ˂ 1,98552. Kualitas layanan,
kepercayaan, dan kepuasan secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas anggota
dengan nilai F୦୧୲୳୬ 14,502 > F୲ୟୠୣ୪ 2,70 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05.
Dari hasil uji sobel, diketahui bahwa kepuasan anggota tidak dapat memediasi
hubungan antara kualitas layanan dan kepercayaan terhadap loyalitas anggota
dengan nilai thitung masing-masing 1,552560 dan 1,746082 ˂ 1,98580. Hasil
koefisien determinasi (Rଶ) menunjukkan bahwa sumbangan kualitas layanan,
kepercayaan dan kepuasan anggota terhadap loyalitas anggota sebesar 31,9% dan
sisanya 68,1% merupakan kontribusi dari variabel lain yang tidak termasuk dalam
penelitian.
Tidak tersedia versi lain