Text
Penerapan Strategi Marketing Syariah dalam Meningkatkan Pesanan di Percetakan Citra Pamekasan
Kata Kunci: Strategi Marketing, Pemasaran Syariah.
Pemasaran menurut perspektif syariah adalah segala aktivitas yang
dijalankan dalam kegiatan bisnis berbentuk kegiatan penciptaan nilai (value
creating activities) yang memungkinkan siapa pun yang melakukannya bertumbuh
serta mendayagunakan kemanfaatannya yang dilandasi atas kejujuran, keadilan,
keterbukaan, dan keikhlasan sesuai dengan proses yang berprinsip pada akad
bermuamalah islami atau perjanjian transaksi bisnis dalam Islam. Adapun tujuan
dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi Marketing
Syari`ah dalam meningkatkan jumlah pesanan di percetakan citra pamekasan.
Berdasarkan hal tersebut maka fokus penelitian ini ada dua yaitu: yang pertama,
Bagaimana Strategi Marketing Yang Diterapkan Oleh Percetakan Citra
Pamekasan.Yang kedua Apakah Strategi Marketing Pada Percetakan Citra
Pamekasan Sudah Sesuai Dengan Prinsip Syari`ah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif
yang mana sumber data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan
dokumentasi dari beberapa informan seperti pemilik percetakan citra pamekasank,
sedangkan untuk pengecekan dan kekuatan pengamatan melalui triangulasi.
Terdapat tiga strategi pemasaran ataupun strategi marketing yang
diterapkan oleh percetakan citra pamekasan yang mana percetakan citra
melakukan strategi pemasaran melalui tiga langkah yaitu melalui social media jadi
dipasarkan secara online, yang kedua melalui brosur, dan yang terakhir yaitu Door
to door dengan cara mendatangi langsung kantor dan juga sekolah. Strategi
pemasaran percetakan citra sudah sesuai dengan prinsip syari`ah, yakni sudah
menetapkan prinsip etika, keterbukaan, dan kejujuran yang mana hal tersebut
sudah tertera dalam strategi pemasaran berdasarkan prinsip syari`ah, sehingga
pemesanan dapat meningkat
Tidak tersedia versi lain