Text
Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Minat Anggota Produk Pembiayaan Rahn (Gadai) di KSPP. Syariah BMT NU (Nuansa Umat) Cabang Tlanakan Pamekasan
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Minat Anggota dan Produk Pembiayaan
Rahn (Gadai).
KSPP Syariah BMT NU (Nuansa Umat) merupakan lembaga keuangan
mikro syariah lahir berangkat dari sebuah keprihatinan atas kondisi masyarakat
Sumenep pada umumnya dan masyarakat Gapura pada khususnya.
Perkembangannya terus mengalami kemajuan, maka dari itu untuk tetap
mempertahankan eksistensi yang baik memerlukan strategi untuk bersaing dengan
lembaga keuangan mikro syariah yang lain. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan minat anggota
produk pembiayaan Rahn (Gadai) di KSPP. Syariah BMT NU (Nuansa Umat)
Cabang Tlanakan Pamekasan, untuk mengetahui apa kendala yang dihadapi dan
upaya yang dilakukan KSPPS. Syariah BMT NU (Nuansa Umat) Cabang
Tlanakan Pamekasan dalam menerapkan strategi tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif
yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata bukan angka-angka. Sumber data
yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder.
Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Analisis data melalui empat alur: reduksi data, penyajian data, penarikan
kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data melalui tiga teknik:
perpanjangan kekikutsertaan, ketekunan pengamat, serta triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran dalam
meningkatkan minat anggota produk pembiayaan Rahn (Gadai) yang digunakan di
KSPP. Syariah BMT NU (Nuansa Umat) Cabang Tlanakan adalah personal
selling (penjualan tatap muka) dengan menggunakan pendekatan persuasif,
kendala yang dihadapi adalah adanya competitor lain yang juga memasarkan
produk pembiayaan rahn (gadai), minimnya pengetahuan masyarakat, dan
wilayah pemasaran yang sulit dijangkau. Adapun upaya yang dilakukan adalah
memiliki SDM yang cakap dan berkualitas, berlabel syariah, dan memperluas
wilayah pemasaran.
Tidak tersedia versi lain