Text
Pengaruh Service Excellent Dan Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Anggota KSPPS BMT NU Cabang Tlanakan Dengan Kepuasan Anggota Sebagai Variabel Intervening
Kata Kunci: Service Excellent, Nilai Pelanggan, Kepuasan Anggota, Loyalitas
Anggota
Persaingan bisnis di era globalisasi saat ini berkembang pesat. Ketatnya
persaingan ini membawa dampak yang sangat besar terhadap perekonomian.
Dengan hal itu perusahaan harus mampu bersaing dan terus berupaya bagaimana
menciptakan agar nasabah tersebut tidak berpindah pada lembaga keuangan lain
dan nasabah menjadi semakin loyal. Kepuasan menjadi kunci utama yang dapat
menciptakan loyalitas tersebut. Salah satu cara yang dapat digunakan yaitu
dengan adanya service excellent dan nilai pelanggan.
Berdasarkan hal tersebut, maka dirumuskan permasalahan yang menjadi
kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, apakah service excellence dan
nilai pelanggan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota KSPPS BMT
NU cabang Tlanakan. Kedua, apakah service excellence dan nilai pelanggan
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas anggota KSPPS BMT NU cabang
Tlanakan. Ketiga, apakah kepuasan anggota berpengaruh signifikan terhadap
loyalitas anggota KSPPS BMT NU cabang Tlanakan. Keempat, apakah service
excellent dan nilai pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas anggota
Kspps BMT NU cabang Tlanakan melalui kepuasan anggota?
Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu menggunakan
analisis statistik dan angka-angka dengan teknik analisis jalur (path analysis).
Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner yang disebarkan kepada
anggota/nasabah KSPPS BMT NU Cabang Tlanakan dengan jumlah sampel
sebanyak 96 yang diambil menggunakan teknik sampling insidental. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh service excellent dan nilai pelanggan
secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan dengan thitung
2,013 dan 4,100 > ttabel 1,985 dan tingkat signifikansi 0,047 dan 0,000 < 0,05.
Service excellent dan nilai pelanggan secara simultan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan dengan fhitung 10,718 > ftabel 3,94 dan tingkat
signifikansi 0,000 < 0,05. service excellent, nilai pelanggan,dan kepuasan secara
parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan dengan thitung 1,994;
2,961; 2,719 > ttabel 1,986 dan tingkat signifikansi 0,049; 0,004; 0,008 < 0,05.
service excellent, nilai pelanggan,dan kepuasan secara simultan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kepuasan dengan fhitung 11,362 > ttabel 3,09 dan
tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Kepuasan anggota dapat memediasi pengaruh
service excellent terhadap loyalitas anggota dengan nilai thitung 2,000 < ttabel 1,985.
Kepuasan anggota dapat memediasi pengaruh nilai pelanggan terhadap loyalitas
anggota dengan nilai thitung 2,2171 < ttabel 1,985
Tidak tersedia versi lain