Text
Analisis Perilaku Produsen dalam Meningkatkan Keberhasilan Usaha Rengginang Ny. Ida Misnal di Desa Prenduan Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep,
Kata Kunci : Perilaku Produsen, Keberhasilan Usaha, Usaha Rengginang.
Perkembangan persaingan bisnis yang semakin ketat menjadikan setaip
produsen dituntut untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan bersaing memasarkan
produknya agar dikenal konsumen. Peran informasi sangat penting, karena dengan
informasi semua hal yang pada awalnya belum diketahui atau belum jelas menjadi
jelas dan diketahui. Upaya penyebaran informasi melalui barang elektronik
mempunyai peranan yang sangat penting untuk menciptakan komunikasi yang baik
dan untuk mewujudkan masyarakat yang sadar akan informasi.
Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisa perilaku produsen
pada kegiatan produksi rengginang Ny. Ida Misnal di Desa Prenduan Kecamatan
Pragaan Kabupaten Sumenep. (2) Untuk menganalisa tantangan yang dihadapi dalam
meningkatkan keberhasilan usaha rengginang Ny. Ida Misnal di Desa Prenduan
Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, informan
adalah konsumen, dan karyawan industri rengginang Ny. Ida Misnal di Desa
Prenduan Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. sedangkan teknin pengumpulan
datanya yaitu dengan tekhnik wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perilaku produsen pada kegiatan produksi
rengginang Ny. Ida Misnal adalah pengaturan produksi yang dapat menghasilkan
produk bermutu tinggi dan bisa diterima di lingkungan masyarakat. Dan produsen
rengginang Ny. Ida Misnal juga menerapkan etika bisnis islam seperti (kejujuran,
memberikan manfaat kepada orang lain, tidak melakukan gharar, tidak melakukan
monopoli, dan membayar upah karyawan sebelum keringatnya kering). (2) Tantangan
yang dihadapi oleh Produsen rengginang Ny. Ida Misnal dalam meningkatkan
keberhasilan usahanya adalah bagaimana cara agar konsumen tetap memiliki
ketertarikan terhadap produk yang di produksi oleh Ny. Ida Misnal. Cara yang
produsen lakukan agar konsumen tetap tertari dengan produk yang dihasilkan yaitu
dengan cara tidak merubah takaran, mencari ide baru dengan mengubah resep agar
berbeda dengan yang lain, dan tidak mengambil keuntungan banyak dari hasil
penjualan
Tidak tersedia versi lain