Text
Penjualan dalam Meningkatkan Pendapatan Pada Toko Baju Murah di Kota Pamekasan dalam Perspektif Ekonomi Islam
Kata Kunci: Strategi Penjualan, Pendapatan
Strategi penjualan adalah rencana yang dibuat oleh perusahaan untuk
menentukan bagaimana dapat meningkatkan volume penjualan produknya dan
dapat memenuhi serta memberikan kepuasan akan permintaan konsumen.
Sedangakan Pendapatan adalah sebagai jumlah penghasilan yang diterima oleh
para anggota masyarakat untuk jangka waktu tertentu sebagai balas jasa atau
faktor-faktor produksi yang disumbangkan.
Berdasarkan hal tersebut ada dua pokok tujuan yang ingin di capai dalam
dalam penelitian ini yang pertama yaitu untuk mengetahui strategi penjualan
untuk meningkatkan pendapatan pada toko baju murah di Kota Pamekasan dan
yang kedua untuk mengetahui mengetahui strategi penjualan untuk meningkatkan
pendapatan pada toko baju murah di Kota Pamekasan menurut perspektif ekonomi
islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara semi terstruktur,
observasi dan dokumentasi, Informannya adalah karyawan dan konsumen toko
baju serba murah. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
ketekunan pengamat, dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang pertama Strategi penjualan
yang dialakukan oleh para pemilik toko baju murah untuk dapat meningkatkan
pendapatannya dari keempat toko yang diteliti yaitu memilih tempat usaha yang
strategis mudah di jangkau bagi semua kalangan dan kualitas yang ditawarkan
sangat bagus dengan harga yang jauh lebih murah dari pada yang lainnya serta
menghadirkan barang-barang baru hampir setiap bulan dengan menghadirkan
produk-produk yang sedang viral pada masa sekarang selain itu memberikan
pelayan yanng baik. dan yang kedua Strategi penjualan para pemilik usaha toko
baju murah tersebut berkata jujur tentang barang yang mereka jual dimana dan
juga mereka bersikap adil terhadap para pembeli dimana tidak adanya pembeda
antara pembeli satu dengan pembeli yang lainnya.dan memberikan transparan
terhadap barang yang dijual supaya terjadi kepuasan kepada pelanggan dan
pelangggan tidak merasa dirugikan serta strategi penjualan jika ada barang yang
dibeli rusak dari toko bisa dikembalikan untuk diganti atau uangnya dikembalikan
strategi ini ingin menumbuhkan tanggung jawab dan ingin memberikan
kepercayan terhadap para konsumen
Tidak tersedia versi lain