Text
, Pengaruh Online Shop Pada Media Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa FEBI IAIN Madura,
Kata Kunci: Online Shop, Perilaku Konsumtif, Mahasiswa Febi
Mudahnya berbelanja online yaitu dengan adanya sosial media saat ini dapat
dengan mudah diakses sehingga semakin membuat keinginan mahasiswa yang ada
menuntut untuk dipenuhi tanpa berpikir dampak yang ditimbulkan karena menuruti
keinginan bukan mengedepankan suatu kebutuhan akan tetapi dalam Islam dilarang
hal demikian karena dalam Islam kita tidak boleh bersifat berlebih-lebihan, pemborosan,menghambur-hamburkan yang artinya harus mengedepankan kebutuhan
daripada suatu keiginan. Berdasarkan hal tersebut maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian
dalam penelitian ini yang pertama yaitu untuk mengetahui peran media sosial terhadap
perilaku konsumtif dalam pembelian menggunakan online shop pada mahasiswi FEBI
IAIN Madura dan yang kedua untuk mengetahui motif perilaku konsumtif dalam
sistem pembelian menggunakan online shop pada mahasiswi FEBI IAIN Madura, serta yang ketiga untuk mengetahui presepktif Islam tentang perilaku konsumtif pada
penggunaan media sosial pada mahasiswi FEBI IAIN Madura. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data
diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah
mahasiswa FEBI IAIN Madura. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan
melalui ketekunan pengamat, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang pertama Penggunaan WatshaAp, Instagram, Facebook dan media sosial lainnya sangat memberikan kemudahan
terhadap kehidupan karena keberadaannya sangat penting mengingat semua hal ada
dalam media sosial termasuk didalamnya kegiatan usaha atau bisnis dan juga bisa
melakukan pembelanjaan sesuai kebutuhan ataupun keinginan. yang kedua Motif
mahasiswa FEBI melakukan perilaku konsumtif dalam melakukan pembelian secara
online diantaranya adalah melakukan pembelanjaan secara online memberikan
kemudahan bertransaksi dan banyak akan pilihan sesuai dengan apa yang di inginkan
serta bisa menyesuaikan dengan trend yang ada pada saat ini, dan dari segi harga itu
jauh lebih murah serta dan waktu dalam melakukan pembelanjaan secara online bisa
dimanapun dan kapanpun atau sangat fleksibel, serta yang ketiga Sebagian mahasiswa
sudah tau terkait perilaku konsumtif akan tetapi mereka masih melakukan kegiatan
atau perilaku konsumtif tersebut tidak memperhatikan prinsip keadilan, prinsip
kebersihan dan prinsip kesederhanaan, seperti halnya, Mahasiswa FEBI IAIN
Madura sekarang banyak yang berpenampilan luar biasa mengikuti trend dan juga
saling memperlihatkan dan membandingkan outfit yang dimiliki sehingga tak jarang
mahasiswa yang lain mengikuti trend tersebut
Tidak tersedia versi lain