Text
Strategi Pemasaran Produk Teri Crispy Pada UD. Sumber Hasil Dalam Upaya Peningkatan Volume Penjualan di Desa Padelegan Kec. Pademawu Kab. Pamekasan
Kata Kunci: Stratergi, Pemasaran, Volume Penjualan
Bisnis sudah banyak dilakukan dimana-mana. Seorang pedagang dalam menjalankan
bisnis nya harus meiliki rencana. Rencana inilah yang dinamakan strategi pemasaran.
Sehubungan dengan hal itu, peneliti memilih UD Sumber Hasil menjadi objek dalam
penelitian. Peneliti melakukan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran yang
digunakan oleh UD Sumber Hasil dalam upaya meningkatkan penjualan produk eri Crispy
dan cemilan lainnya. Karena dimana-mana tidak ada bisnis yang berjalan mulus terus. Pasti
ada saja kendala yang di hadapi
Berdasarkan hal tersebut ada dua pokok tujuan yang ingin di capai dalam dalam
penelitian ini yang pertama yaitu untuk mengetahui strategi pemasaran yang akan diterapkan
oleh UD. Sumber Hasil untuk penigkatan volume penjualan pada perusahaan UD. Sumber
Hasil Teri Crispy Desa padelegen kec.Pademawu kab. Pamekasan dan yang kedua untuk
mengetahui kendala yang di hadapi dan solusi terhadap permasalahan terkait strategi
pemasaran pada perusahaan UD. Sumber Hasil Desa padeleggen kec. Pademawu kab.
Pamekasan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara semi terstruktur, observasi dan
dokumentasi, Informannya adalah karyawan dan nasabah bank sampaah hamdalah.
Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamat, dan
triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang pertama Strategi pemasaran yang
dilakukan oleh perusahaan UD. Sumber Hasil sesuai dengan bauran pemasaran yang mana
dari produk UD. Sumber Hasil ini memperbanyak varian rasa seperti rasa original, pedas,
super pedas dan rasa balodo. Dari harga harga yang masih bersaing dengan kompetitor
dengan keunggulan kualitas yang dijamin bagus. Serta dari tempat meskipun tidak banyak
orang yang mengetahui UD. Sumber Hasil memanfaatkan media untuk memberikan
informasi dan melakukan penjualan. Seda UD. Sumber Hasil ini melakukan promosi dengan
memberikan potongan harga dan diskon bagi konsumen yang melakukan pembelian banyak.
dan yang kedua kendala yang dihadapi oleh perusahaan UD. Sumber Hasil, kurangnya bahan
mentah akan tetapi dari kendala yang dihadapi ini sudah ditemukan solusi yaitu dengan
memperbanyak mitra dengan nelayan sehingga pasokan bahan mentah akan semakin baik,
UD. Sumber Hasil menetapkan harga sesuai dengan yang ada dipasaran akan tetapi
memberikan kualitas yang baik dan banyak pilihan macam varian produk sebagai sebuah
bentuk dari solusi tempat sebagai produksi dan penjual dari teri crispy .UD. Sumber Hasil
mencarikan solusi untuk bagaimana bisa memberikan informasi terhadap masyarakat
memanfaatkan media sosial sebagai alat untuk mempromosikan dan menjual sedangkan dari
promosi tidak ada kendala yang dihadapi
Tidak tersedia versi lain