Text
, Penerapan Direct Marketing dalam Upaya Peningkatan Jumlah Nasabah Pada Produk Tabungan Multiguna di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan
Kata Kunci : Penerapan Direct Marketing, Peningkatan Jumlah Nasabah, Tabungan
Multiguna
Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Sarana Prima Mandiri Pamekasan
merupakan suatu lembaga keuangan yang dalam kegiatannya berpedoman pada prinsip
syariah, yang memiliki kegiatan berupa menghimpun dana dan menyalurkan dana kepada
masyarakat. Disamping itu, menjalin silaturahmi dan menjaga komunikasisangat penting untuk
dilakukan agar tercipta suatu hubungan yang baik karena nasabah merupakan prioritas utama
penunjang aset suatu lembaga keuangan. Oleh karena itu BPRS Sarana Prima Mandiri
Pamekasan memilih direct marketing sebagai salah satu strategi pemasaran yang dipilih untuk
diterapkan agar hal tersebut dapat terlaksana. Berdasarkan beberapa hal tersebut, maka
terdapat dua fokus penelitian yang menjadi kajian pokok yaitu : pertama bagaimana penerapan
direct marketing dalam upaya peningkatan jumlah nasabah pada produk tabungan multiguna
di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan, kedua bagaimana efektivitas penerapan direct
marketing dalam upaya peningkatan jumlah nasabah pada produk tabungan multiguna di BPRS
Sarana Prima Mandiri Pamekasan.
Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Informannya adalah Kepala Bagian Marketing Funding, Customer Service dan nasabah BPRS
SPM Pamekasan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan
pengamatan dan triangulasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: dalam kegiatan pemasarannya, bentuk-bentuk
direct marketing yang digunakan adalah penjualan tatap muka (face to face selling), direct
mail, telemarketing dan dari barbagai jenistersebut, penjualan tatap muka (face to face selling)
merupakan bentuk direct marketing yang sering digunakan dan paling berpengaruh. Kedua,
adanya pengaruh positif serta pendapat yang cukup baik dari nasabah yang disebabkan oleh
penerapan direct marketing yang dilakukan BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan dalam
mempromosikan dan memasarkan produk khususnya tabungan multiguna sehingga membuat
jumlah nasabah pada produk tabungan multiguna ini mengalami peningkatan yang terus
meningkat setiap tahunnya dari tahun 2018 sampai dengan 2022. Maka hal tersebut
membuktikan Penerapan direct marketing dalam upaya peningkatan jumlah nasabah pada
produk tabungan multiguna di BPRS Sarana Prima Mandiri Pamekasan dapat dikatakan
berhasil serta memberikan pengaruh yang positif dan layak untuk tetap diterapkan sebagai
strategi pemasaran
Tidak tersedia versi lain