Text
Strategi Pemasaran Dan Diversifikasi Produksi Jamur Tiram Putih “Ibu Nik” Dusun Pabengkon Desa Konang Pamekasan Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam,
Kata Kunci : Strategi, Pemasaran, Diversifikasi
Bisnis sudah banyak dilakukan dimana-mana namun berbisnis tidak hanya
asal membuat bisnis saja. Seorang pedagang dalam menjalankan bisnisnya harus
mempunyai rencana dan rencana inilah yang dinamakan strategi pemasaran.
Sehubungan dengan hal itu peneliti memilih Usaha Produksi Jamur Tiram Putih
“Ibu Nik” menjadi objek dalam penelitian. Peneliti melakukan penelitian untuk
mengetahui strategi pemasaran dan diversifikasi produksi jamur tiram putih yang
digunakan oleh Usaha Produksi Jamur Tiram Putih “Ibu Nik” Dusun Pabengkon
Desa Konang Pamekasan Yang Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam. Karena dimanamana tidak ada bisnis yang berjalan secara mulus. Dalam penelitian kali ini peneliti
akan menganalisa tentang fokus penelitian ini: 1.Bagaimana Strategi Pemasaran
Produksi Jamur Tiram Putih “Ibu Nik” Dusun Pabengkon Desa Konang Pamekasan
Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam. 2. Bagaimana Strategi Diversifikasi Produksi
Jamur Tiram Putih “Ibu Nik” Dusun Pabengkon Desa Konang Pamekasan Ditijau
Dari Etika Bisnis Islam.
Dalam melakukan penelitian, peneliti disini menggunakan pendekatan
kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah penelitian yang bersifat deskriptif dan
cenderung menggunakan analisis. Proses dan makna (perspektif objek) lebih
ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Landasan teori dimanfaatkan sebagai
pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta dilapangan. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemasaran yang digunakan
dalam usaha produksi jamur tiram putih “Ibu Nik” menggunakan strategi bauran
pemasaran yang mana terdapat beberapa unsur-unsur didalamnya, yaitu:
memberikan produk yang berkualitas dengan mempunyai keunggulan ukuran
diameter jamur yang lebar, harga yang diberikan sangat terjangkau yang mengikuti
harga pasaran, tempat yang dipilih sangat strategis sehingga memudahkan para
konsumennya untuk melakukan pembelian langsung, serta promosi dilakukan dari
mulut ke mulut dan media sosial. Dan dalam memasarkan produknya menerapkan
beberapa karakteristik dalam pemasaran islam seperti karakteristik kesederhanaan,
kejujuran dan transparansi. Adapun diversifikasiya yang digunakan oleh usaha
produksi jamur tiram putih ibu nik ini menggunakan jenis diversifikasi konsentris,
dimana produk yang diolah itu menggunakan asli bahan baku jamur tiram putih
sendiri dengan variasi harga yang sama
Tidak tersedia versi lain