Text
Strategi Agen HNI (Halal Network International) dalam Memasarkan Produk di Desa Teja Timur Kabupaten Pamekasan dalam Perspektif Ekonomi Islam
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, HNI, Ekonomomi Islam
Pemasaran merupakan suatu bentuk aktivitas yang didalamnya terjadi
proses kegiatan memberitahukan suatu produk kepada masyarakat dengan sistem
MLM (Multi Level Marketing) yang digunakan oleh perusahaan HNI dengan
merekrut banyak mitra untuk memperluas jaringan pemasarannya. Salah satunya
terdapat agen untuk memasarkannya. Dalam melakukan pemasaran diperlukan
strategi pemasaran yang baik dan tepat dalam mencapai target dengan menerapkan
kualitas yang pelayanan yang baik. HNI merupakan salah satu perusahaan yang
fokus pada produk-produk herbal. Sesuai dengan akta perusahaan, secara resmi
perusahaan HNI didirikan pada tanggal 19 Maret 2012.
Terdapat dua pemasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini,
yaitu: pertama, bagaimana strategi agen HNI (Halal Network International) dalam
memasarkan produk di Desa Teja Timur Kabupaten Pamekasan; kedua, bagaimana
strategi agen HNI (Halal Network Internatonal) dalam memasarkan produk di Desa
Teja Timur Kabupaten Pamekasan dalam Perspektif Ekonomi Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Informan pada penelitian ini adalah agen HNI dan konsumen di desa teja timur.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, dalam pemasaran nya
agen HNI menggunakan strategi PCA (Pakai, Cerita, Ajak). Agen juga
menggunakan strategi bauran pemasaran yaitu pertama produk, produk yang
dipasarkan memiliki kualitas dan manfaat yang baik. Kedua harga. Harga sudah
sesuai dengan katalog produk dengan mempunyai dua jenis harga yaitu harga
konsumen dan harga member (agen). Ketiga promosi, promosi yang dilakukan
yaitu secara langsung (offline) dengan kegiatan home sharing. Dan secara tidak
langsung (online), yaitu dengan memanfaatkan media sosial WhatsApp. Keempat
tempat, tempat atau lokasi agen sangat strategis dan mudah dijangkau yaitu di
rumah agen di Desa Teja Timur. Kedua, ditinjau dalam perspektif ekonomi Islam
pemasaran agen HNI sudah sesuai dengan menerapkan karakteristik pemasaran
Islam yaitu, teistis (rabbaniyah), dengan tidak melakukan penipuan karena semua
perilaku nya selalu diawasi oleh Allah SWT. Etis (akhlaqiyah) dengan
mengutamakan sopan dan santun serta akhlak yang baik dalam melayani para
konsumen. Realistis (al-waqi’yyah), dengan berpakaian bersih, rapi, dan menutup
aurat yang sesuai dengan syariat Islam, Humanistis (al-insaniyyah), dengan tidak
memandang konsumen baru dengan yang lama juga dari statusnya dengan
meringankan konsumen yang ingin membeli produk. Karena agen mempunyai
prinsip ukhuwah inasiyah (perdaudaraan antar manusia)
Tidak tersedia versi lain