Text
Strategi Restoran Andayani Pamekasan Dalam Upaya Peningkatkan Pendapatan Pada Masa Pandemi Dalam Perspektif Ekonomi Islam,
Kata Kunci: Strategi, Pendapatan, Pandemi Covid 19, Ekonomi Islam
Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang terdampak akan adanya pandemi Covid-19 adalah
UMKM Makanan, yaitu Restoran Andayani Pamekasan. Dampak yang dirasakan Restoran
Andayani akibat pandemi adalah penurunan omset yang lumayan tinggi yaitu menurun sekitar
50% dari pendapatan yang biasanya. Meski Restoran Andayani Pamekasan merasakan dampak
yang sangat besar dalam penurunan omset, Restoran Andayani tetap bisa bertahan di tengah
pamdemi dan terus berinovasi seperti memberikan apa yang diinginkan oleh konsumen dan
membuat suasana restoran menjadi lebih nyaman di Restoran Andayani pun tidak ada karyawan
yang dirumahkan. Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu:
Pertama, Bagaimana dampak Pandemi Covid-19 terhadap pendapatan Restoran Andayani
Pamekasan. Kedua, Bagaimana strategi Restoran Andayani dapat bertahan pada saat Pandemi
Covid-19 Pamekasan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah deskriptif.
Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data
dengan melakukan Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Data yang diperoleh
di cek keabsahan datanya dengan, perpanjangan keikut sertaan, ketekunan pengamatan dan
trianggulasi.
Hasil penelitian menujukkan bahwa: Pertama, Dampak Pandemi Covid 19 yang dirasakan
oleh Restoran Andayani Pamekasan, ialah banyak kehilangan pelanggan akibat dari beberapa
peraturan dan kebijakan pemerintah seperti PSBB, lockdown, dan anjuran stay at home sehingga
membuat Restoran Andayani mengalami penurunan pendapatan omzet atau menururnnya
penjualan. Pendapatannya yang berkurang adalah sebesar 50% dimana pada awal sebelum
terjadinya Pandemi Covid 19 memliki pendapatan sebanyak 50.000.000 perbulan, sedangkan sejak
masuknya Pandemi Covid 19 ke Indonesia pendapatan yang di peroleh hanya sebesar 800.00
perhari. Kedua, Strategi Restoran Andayani Pamekasan Dalam Upaya Peningkatkan Pendapatan
Pada Masa Pandemi Dalam Perspektif Ekonomi Islam, ialah dengan cara menggunakan strategi
digital marketing. Strategi digital marketing digunakan oleh Restoran Andayani Pamekasan
dikarenakan sepinya pengunjung dan menurunnya omzet pendapatan akibat terjadinya Pandemi
Covid 19 di Indonesia. Bentuk strategi digital marketing yang di lakukan oleh Restoran Andayani
Pamekasan dengan cara promosi melalui media sosial seperti GrabFood, GoFood, Jasku dan lain
sebagainya. Sedangkan strategi pemasaran islam yang digunakan ialah a). Shiddiq (jujur), b).
Amanah (dapat dipercaya), c). Fathanah (cerdas), d). Tabligh (komunikatif)
Tidak tersedia versi lain