Text
Strategi Direct Selling Dalam Upaya Peningkatan Jumlah Nasabah BPRS Bhakti Sumekar Cabang Madya Pamekasan
Kata Kunci : Strategi Direct Selling, Peningkatan Jumlah Nasabah
Dunia perbankan mengalami perkembangan yang begitu pesat khususnya bagi lembaga
keuangan syariah. Dengan semakin ketatnya tingkat persaingan antar lembaga keuangan syariah,
maka lembaga keuangan syariah seperti halnya BPRS Bhakti Sumekar harus bisa menyiapkan
strategi pemasaran yang baik dan tepat sasaran. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh BPRS
Bhakti Sumekar adalah dengan adanya strategi direct selling dimana untuk meningkat jumlah
nasabah. Ada dua permasalahan yang menjadi fokus pada penelitian ini, yaitu : pertama, Bagaimana
strategi direct selling dalam upaya peningkatan jumlah nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Cabang
Madya Pamekasan, kedua, Apa saja yang menjadi kendala penerapan direct selling dalam upaya
peningkatan jumlah nasabah di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Madya Pamekasan.
Penelitian di lakukan di BPRS Bhakti Sumekar Cabang Madya Pamekasan, jenis penelitian
ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data-data
dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder, sumber data yang diperoleh yaitu melalui
wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil pembahasan dari penelitian ini, penulis dapat menyimpulkan bahwa
Strategi yang dilakukan oleh BPRS Bhakti Sumekar Cabang Madya Pamekasan dalam upaya
peningkatan jumlah nasabah yaitu melalui cara sosialisasi, door to door ( dari rumah kerumah),
menyebar brosur, melalui sosmed banner, pamflet, dan juga dengan cara face to face ( menjelaskan
langsung kepada nasabah tentang produk yang ditawarkan) sebelum memasarkan produknya BPRS
Bhakti Sumekar Cabang Madya Pamekasan terlebih dahulu memperhatikan mengenai STP
(Segmenting, Targenting, dan Positioning). Segmenting ini bertujuan supaya produk yang akan
ditawarkan oleh marketing akan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat , dan
Targenting berdasarkan cangkupan pasar penuh dan target pasar sesuai dengan produk yang akan
ditawarkan kepada semua kalangan masyarakat sedangkan Positioning setelah menentukan target
kemudian bisa mulai berinteraksi dengan calon nasabah dan menjelaskan kelebihan atau keunggulan
yang terdapat dalam produk yang ditawarkan , sehingga nantinya masyarakat akan tertarik dengan
produk tersebut
Tidak tersedia versi lain