Text
PENGARUH PENGGUNAAN MOBILE BANKING TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH DI BANK SYARIAH MANDIRI CABANG SAMPANG
Kata Kunci: Penggunaan Mobile Banking , Kepuasan Nasabah
.
BSM Cabang Sampang termasuk lembaga yang sangat diminati oleh semua kalangan
termasuk kalangan usaha dimana di BSM memiliki banyak pesaingan tersebut memerlukan
pelayanan mobile banking yang menjadi peran utama bagi BSM dalam membangun kepuasan
nasabah, mobile banking ibarat wajah terdepan sebuah BSM. Artinya apa yang diharapkan oleh
nasabah, harapan inilah yang akan menentukan tingkat kepuasan nasabah, maka ada dua
permasalahan yang menjadikajian pokok utama dalam penelitian ini, yaitu: Pertama: Adakah
pengaruh penggunaan Mobile Banking terhadap tingkat kepuasan nasabah. Kedua: Seberapa besar
pengaruh pelayanan Mobile Banking terhadap tingkat kepuasan nasabah di Bank Syariah Mandiri
Cabang Sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan teknis analisis data yang
menggunakan regresi linier sederhana, dan bantuan alat analisis SPSS, jenis data yakni data
primer. Populasi dalam penelitian ini seluruh nasabah di BSM Cabang Sampang. Teknik
pengambilan samplenya dalam penelitian ini menggunakan teknik accidental sampling,
pengambilan sampelnya ditentukan oleh rumus solovin dengan jumlah responden 92 kuesioner
(angket), observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama: Adakah pengaruh penggunaan Mobile
Banking terhadap tingkat kepuasan nasabah. Berdasarkan atas uji t, Hasil uji tersebut menunjukkan
bahwa T hitung 3,272 > 1,66196 degan signifikan 0,000< 0,05 yang berarti bahwa variabel
pelayanan mobile banking berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Kedua:
Seberapa besar pengaruh pelayanan , hasil penelitian menunjukkan R square adalah 0,106 atau
10,6 % hal ini berarti sebesar 10,6% kemampuan model regresi pada penelitian ini dalam
menerangkan variabel dependen. Artinya 10,6% variabel mobile banking oleh variasi independen
kepuasan nasabah.
Tidak tersedia versi lain