Text
CARTER Model pada Pelayanan Jasa Laundry Joiz Pamekasan,
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, CARTER Model
Banyaknya pesaing usaha yang bergerak di bidang jasa terutama laundry
menjadi hal utama bagi para usaha laundry untuk lebih meningkatkan mutu kualitas
pelayanan jasa untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan dalam jangka waktu
yang lama. Kualitas pelayanan merupakan tindakan yang dilakukan oleh seorang
penjual kepada pembeli untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan akan tetapi
kualitas pelayanan tidak berwujud dan tidak dapat berpindah kepemilikan. Penelitian
ini dilakukan dengan tujuan menganalisis kualitas pelayanan jasa yang diberikan
laundry Joiz dengan mengukur kualitasnya menggunakan CARTER Model yang terdiri
dari enam dimensi yaitu Compliance (Kepatuhan) yang mana pelayanan yang berupa
transaksi yang dilakukan secara terbuka dengan pelanggan dan , Assurance (Jaminan),
Reliability (keandalan), Tangible (bukti fisik), Empaty (Kesediaan untuk peduli),
Responsiveness (daya tanggap).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Informannya adalah pemilik usaha jasa Laundry Joiz, pegawai laundry Joiz dan
pelanggan laundry Joiz.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, laundry Joiz telah
menerapkan keenam kualitas pelayanan dalam CARTER Model yaitu Compliance
(kepatuhan) pelayanan berupa kepatuhan yang dilakukan oleh laundry Joiz yaitu tidak
ada kecurangan dan memastikan baju yang dicuci semua bersih/ suci, dimensi
Assurance (jaminan) yaitu laundry Joiz memberikan nota/tanda bukti untuk mengambil
baju yang di laundry, dan jika terdapat baju yang hilang akan diganti setengah dari
harga, Reliability (keandalan) yaitu ketepatan waktu dalam menyelesaikan cucian
sesuai dengan waktu yang sudah dijanjikan, Tangible (bukti fisik) yaitu perlengkapan
yang digunakan laundry Joiz dalam menyelesaikan cucian dan menyediakan kursi
untuk pelanggan yang datang, empathy (kesediaan untuk peduli) pegawai melayani
dengan sopan, responsivenesee (daya tanggap) dalam melayani pelanggan yang datang.
Kedua, pelanggan lebih melihat kualitas pelayanan yang diberikan laundry Joiz dari
segi jaminan
Tidak tersedia versi lain