Text
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Anggota Pengguna Tabungan Mudharabah Di KSPPS BMT NU Jatim Cabang Tlanakan Pamekasan
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Kepuasan Anggota
Saat ini lembaga keuangan memiliki peran yang sangat krusial, karena
seluruh kegiatan ekonomi hampir tidak mungkin terhindar dari kiprah lembaga
keuangan. Lembaga keuangan adalah suatu perusahaan yang usahanya berkiprah
dibidang jasa tentunya perlu memperhatikan kualitas pelayanan serta kualitas
produk yang diberikan. Kualitas pelayanan serta kualitas produk sangat dibutuhkan
oleh lemabaga keuangan, sebab merupakan faktor yang bisa mempengaruhi
kepuasan anggotanya. dengan demikian kualitas pelayanan serta kualitas produk
adalah hal yang sangat krusial pada upaya menarik anggota baru untuk memakai
produk atau jasa yang ditawarkan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan dan
kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan anggota pengguna tabungan
mudharabahdi KSPPS BMT NU Jatim Cabang Tlanakan Pamekasan. Metode yang
digunakan ialah metode asosiatif menggunakan pendekatan kuantitatif serta
menggunakan analisis regresi linear berganda. Adapun cara pengambilan sampel
pada penelitian ini dengan memakai Sampling Insidental. Penelitian ini
menggunakan 95 responden dengan membagikan kuesioner pada para anggota
pengguna tabungan mudharabah.
Hasil penelitian berdasarkan hasil uji t bahwa untuk variabel kualitas
pelayanan yaitu mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan anggota
dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (3,145 > 1,989) dengan taraf signifikan 0,002
< 0,05. Untuk variabel kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap
kepuasan anggota dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,951 > 1,989) dengan
taraf signifikan 0,004 < 0,05. Serta pengujian hipotesis dengan uji F menunjukkan
bahwa kualitas pelayanan dan kualitas produk secara bersama–sama atau serentak
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota dengan Fhitung 13,809 > Ftabel
3,09 dengan nilai siginfikan 0,000 < 0,05. Berdasarkan perhitungan menggunakan
uji koefisien determinasi diperoleh nilai R square sebesar 0,214 yang berarti nilai
sebesar 21,4%. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan model regresi di
penelitian ini sebesar 21,4%. Variabel independen kualitas pelayanan serta kualitas
produk bisa mempengaruhi variabel dependen kepuasan anggota sebesar 21,4%.
Sedangkan sisanya (100%-21,4%= 78,6%) dipengaruhi oleh variabel lain yang
tidak diteliti.
Tidak tersedia versi lain