Text
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Personal Selling Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Menggunakan Produk Gadai (Rahn) di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pratama Bandaran Pamekasan
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Personal Selling, Keputusan Nasabah
BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pratama Bandaran Pamekasan
merupakan salah satu lembaga keuangan syariah yang mampu bersaing dan
memiliki produk gadai (rahn) , yang banyak diminati. Berdasarkan hal tersebut,
maka terdapat tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini,
yaitu: Pertama, bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan
nasabah dalam menggunakan produk gadai di BPRS Bhakti Sumekar Kantor
Cabang Pratama Bandaran. Kedua, bagaimana pengaruh personal selling terhadap
keputusan nasabah dalam menggunakan produk gadai di BPRS Bhakti Sumekar
Kantor Cabang Pratama Bandaran. Ketiga, bagaimana pengaruh kualitas
pelayanan dan personal selling terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan
prduk gadai di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Bandaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan tekhnik
analisis data menggunakan regresi linear berganda, dan bantuan alat analisis SPSS
24. Jenis data yaitu data primer dan sekunder. Populasi dalam penelitian ini yaitu
nasabah yang menggunakan produk gadai (rahn) di BPRS Bhakti Sumekar Kantor
Cabang Bandaran. Tekhnik pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan tekhnik Sampling Insidental. Pengambilan sampel ditentukan
dengan rumus Lameshow dengan jumlah 100 responden. Instrumen yang
digunakan dalam pengumpulan data yaitu kuesioner/angket.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, hasil uji
secara parsial kualitas pelayanan memperoleh thitung 2,495 > ttabel 1,988 dengan
nilai signifikan 0,014 < 0,05, menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan produk
gadai di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Bandaran. Kedua, hasil uji secara
parsial personal selling memperoleh thitung 3,225 > ttabel 1,988 dengan nilai
signifikan 0,002 < 0,05, menunjukkan bahwa personal selling berpengaruh positif
dan signifikan terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan produk gadai di
BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Bandaran. Ketiga, hasil uji secara simultan
memperoleh nilai Fhitung 8,013 > Ftabel 3,09 dengan nilai signfikan 0,001 < 0,05,
menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan personal selling mempunyai
pengaruh secara simultan terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan
produk gadai di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Bandaran
Tidak tersedia versi lain