Text
“Pengaruh Kualitas Layanan Aplikasi BMT NU-Q Terhadap Kepuasan Anggota di BMT Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Tlanakan Pamekasan”
Kata kunci: Kualitas Layanan, Aplikasi BMT NU-Q, dan Kepuasan Anggota.
Dalam era perkembangan tekonologi yang semakin maju, tentu Baitul
Mall Wat Tamwil akan memiliki persaingan yang ketat dalam memberikan layanan
jasa melalui teknologi informasi. Untuk memanfaatkan teknologi informasi
tersebut yaitu dengan meningkatkan layanan dengan cara memberikan kualitas
layanan yang baik yang sesuai dengan harapan anggota. Hal ini dilakukan oleh
BMT Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Tlanakan Pamekasan melalui teknologi
aplikasi BMT NU-Q. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh
kualitas layanan aplikasi BMT NU-Q terdiri dari efisiensi, pemenuhan jasa,
ketersediaan sistem, privasi, jaminan, dan tampilan situs yang diuji secara parsial
terhadap kepuasan anggota di BMT Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Tlanakan
Pamekasan, (2) pengaruh kualitas layanan aplikasi BMT NU-Q terdiri dari
efisiensi, pemenuhan jasa, ketersediaan sistem, privasi, jaminan, dan tampilan situs
yang diuji secara simultan terhadap kepuasan anggota di BMT Nuansa Umat Jawa
Timur Cabang Tlanakan Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis
penelitian kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah sejumlah anggota BMT
Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Tlanakan Pamekasan yang menggunakan
aplikasi BMT NU-Q yang berjumlah 100 anggota dengan penentuan sampel 80
anggota dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Non Probability Sampling dengan
metode Sampling Insidental. Teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab
hipotesis pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan
menggunakan program SPSS Versi 24.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) secara parsial berdasarkan
hasil uji t diperoleh empat variabel (efisiensi, ketersediaan sistem, privasi, dan
tampilan situs) tidak berpegaruh terdapat kepuasan anggota di BMT Nuansa Umat
Jawa Timur Cabang Tlanakan Pamekasan dengan masing-masing nilai thitung -0,008
< ttabel 1,992 dan taraf sig sebesar 0,994 > 0,05 ; thitung -0,502 < ttabel 1,992 dan taraf
sig sebesar 0,959 > 0,05 ; thitung -0,129 < ttabel 1,992 dan taraf sig sebesar 0,898 >
0,05 ; thitung 0,402 < ttabel 1,992 dan taraf sig sebesar 0,689 > 0,05) dan dua variabel
(pemenuhan jasa dan jaminan)berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan anggota di BMT Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Tlanakan Pamekasan
dengan masing- masing nilai thitung 2,731 < ttabel 1,992 dan taraf sig sebesar 0,008 >
0,05 ; thitung 2,832 < ttabel 1,992 dan taraf sig sebesar 0,006 > 0,05) (2) secara simultan
berdasarkan hasil uji F dapat dijelaskan bahwa variabel efisiensi, pemenuhan jasa,
ketersediaan sistem, privasi, jaminan, dan tampilan situs berpengaruh positif dan
signifikanterhadap kepuasan anggota di BMT Nuansa Umat Jawa Timur Cabang
Tlanakan Pamekasan dengannilai Fhitung 11,889 > Ftabel 2,244 dan taraf sig 0,000
Tidak tersedia versi lain