Text
Pengaruh Online Shop Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Mahasiswa FEBI di IAIN Madura
Kata Kunci: Online Shop, Minat Beli
Online shop merupakan transaksi jual beli yang dilakukan menggunakan internet yang sudah
didukung oleh kemajuan teknologi yang semakin pesat. Dengan adanya online shop ini, transaksi
jual beli dianggap praktis, cepat, dan mudah. Selain itu, juga meminimalisir pengeluaran dan
memaksimalkan dalam meraih keuntungan. Ketatnya persaingan bisnis online ditunjukkan
banyaknya toko online pesaing khususnya dalam marketplace. Minat beli konsumen akan timbul
dengan sendirinya terhadap online shop yang memberikan penawaran positif, tentunya akan
menjadi dasar pengambilan keputusan untuk melakukan pembelian pada online shop. Minat beli
adalah bagian dari proses keputusan pembelian dari konsumen, dimana prosesnya diawali dari
pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, perilaku
pasca pembelian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh online shop terhadap minat
beli secara online pada mahasiswa FEBI di IAIN Madura.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis hubungan kausal. Data
dalam penelitian adalah data primer dan sekunder. Penentuan sampel dengan metode sampling
insidental memperoleh sampel sebanyak 100 responden mahasiswa FEBI di IAIN Madura dengan
menggunakan rumus Slovin. Instrumen dalam pengumpulan data penelitian menggunakan
kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan statistik
deskriptif, uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier sederhana dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa online shop berpengaruh signifikan terhadap minat beli
secara online pada mahasiswa FEBI di IAIN Madura, hal ini ditunjukkan dari nilai thitung > ttabel
(10,245 > 1,984) dengan signifikan 0,000 < 0,05
Tidak tersedia versi lain