Text
PengaruhKualitasProdukdanBrandImageTerhadap MinatMenabungAnggotaPadaProdukTABAHdiBMTNUJatim Cabang GalisPamekasa
Katakunci:brandimage,kualitasproduk,minat,BMT,perbankansyariah
kualitasprodukmerupakantitikawalyangbaikuntukmenciptakan
citra positifdan mempertahankan minatpelanggan jangka panjang.
Semakintinggitingkatkualitasproduk,makaakanmeningkatkantingkat
kepuasanyangakandirasakanolehkonsumen.Halitumenyebabkan
konsumenakanmerekomendasikanprodukterhadaporanglainkarna
konsumenyangmerasapuasterhadapsuatuproduk.Permasalahanyang
akandikajidalam penelitianini yaitu(1)untukmengetahuiapakah
kualitasprodukberpengaruhsignifikanterhadapminatmenabung.(2)
untukmengetahuiapakahbrandimageberpengaruhsignifikanterhadap
minatmenabung.(3)untukmengetahuiapakahkualitasprodukdanbrand
image keduanya memlikipengaruh yang signifikan terhadap minat
menabungpadaBMTNUJatimCabangGalisPamekasan.
Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatif,menggunakan
teknikpengambilangsampelpurposivesampling,dengantekhnikanalisis
datamenggunakanregresilinearberganda,dandenganbantuanalat
analisisSPSS24danditentukandenganrumusslovindenganjumlah
responden yang diambilsebanyak 365 anggota.Instrument yang
digunakandalampenelitianinimenggunakankuisioner(angket).
AdapunhasildaripenelitianiniyaitupadaujiTdiketahuibahwa
kualitasproduk(X1)berpengaruhpositifterhadapminatmenabung(Y)
ditunjukandenganujiTyangmanaThitng,>Ttabel(2,236>1,960)danbegitu
puladenganbrandimage(X2)yangmemilikipengaruhpositifterhadap
minatmenabung(Y)anggotadengannilaiThitng,>Ttabel(8,237>1,960).Pada
hasilujiF menunjukkan kualitasproduk(X1)dan brand image(X2)
berpengaruhsignifikanterhadapminatmenabung(Y)dengannilaiFhitung >
Ftabel(51,261>3,00).Jikadilihatdarihasilujideterminasi(R2)besarnya
kontribusivariabelindependenyaitukualitasproduk(X1)danbrandimage
(X2)terhadap variabeldependen yaitu minatmenabung (Y) adalah
sebesar22,1%dansisanyasebesar77,9%.ArtinyapengaruhX1danX2
terhadapYsebesar22,1%.Sedangkan77,9%dipengaruhiolehvariabelvariabellainnya
Tidak tersedia versi lain