Text
Pengaruh Tren Hijab, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Hijab Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Bisnis Islam IAIN Madura
Kata Kunci: Tren Hijab, KualitasProduk, Harga, Keputusan Pembelian.
Perkembangan moslem fashion di Indonesia dalam beberapa tahun
terakhir mengalami peningkatan yang luar biasa, minat masyarakat akan moslem
fashion semakin hari semakin meningkat minat para desainer pakaian muslim
dalam mendesain pakaian muslim yang modern, saat ini perkembangan moslem
fashion di Indonesia mulai di akui dunia.Inovasi yang keluar dari daya fikir kreatif
para produsen sangat di tuntut agar dapat menyaingi para produsen produk-produk
hijab lainnya. Inovasi tersebut bukan hanya pada metode pakaian namun juga
dalam strategi pemasaran yang membuat konsumen tertarik dalam membeli
produk tersebut, hal ini dibuktikan dengan munculnya berbagai cara penjualan
produk yang memberikan kemudahan bagi konsumen.
Jenis Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan
menggunakan metode analisis regresi linear berganda dengan jumlah populasi 290
mahasiswi, sedangkan untuk sampel yang digunakan 158 mahasiswi.Prosedur
penarikan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik Proportionate
Stratified Random Sampling, yaitu teknik yang digunakan bila populasi
mempunyai anggota/unsur yang tidak homogen dan berstratra secara proporsional
Hasil penelitian menggunakan uji t ada dua variabel yang berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian. Yaitu variabel Kualitas Produk (X2)
dan variabel Harga (X3), akan tetapi hasil perhitungan variabel harga lebih tinggi
dari pada kualitas produk. Sedangkan variabel Tren Hijab (X1) tidak berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian. Pada nilai thitung variabel Tren Hijab =
0,232, Kualitas Produk = 5,570, dan Harga = 6,957. jadi variabel yang paling
berpengaruh terhadap Keputusan pembelian adalah variabel Harga (X3)
Tidak tersedia versi lain