Text
Strategi Market share Produk Pembiayaan Mudharabah di KSPPS BMT Nuansa Umat Cabang Galis Pamekasan dalam Perspektif Analisa SWOT
Kata Kunci: Strategi, Market share, SWOT
Strategi dapat diartikan cara untuk mencapai sesuatu yang hendak dicapai
di masa depan (arah) atau mencapai sesuatu yang diinginkan (rute). Sedangkan
market share dapat diartikan proporsi kemampuan suatu lembaga keuangan yang
di presentasikan dengan kemampuan pasar menguasai pasar dan kedudukan pasar
dipasar persaingan sehingga menentukan prospek lembaga keuangan dimasa
depan. Prospek lembaga keuangan yang baik perlu didukung dengan perencanaan
yang strategis.Evaluasi strategi merupakan salah satu bentuk perencanaan
strategis. Evaluasi strategi dapat dilakukan dengan menggunakan salah satu
instrumen analisis strategi yaitu analisis SWOT. Analisis SWOT mampu
mengidentifikasi strenghts, weaknesses, opportunities, dan threaths, serta mampu
menentukan berbagai alternatif strategi.
Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini,
yaitu: pertama, Bagaimana Strategi Market share Produk Pembiayaan di KSPPS
BMT Nuansa Umat Cabang Galis Pamekasan, kedua Bagaimana Strategi Market
share Produk Pembiayaan Mudharabah di KSPPS BMT Nuansa Umat Cabang
Galis Pamekasan dalam Perspektif Analisa SWOT.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
menggunakan penelitian lapangan (field reseacrh) bersifat kualitatif
deskriptif.Sumber data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan
dokumentasi dengan pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan
peneliti, trianggulasi sumber, dan bahan refrensi.Kemudian data dianalisis dengan
mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan Pertama: Strategi market share produk
pembiayaan mudharabah yang diterapkan KSPPS BMT Nuansa Umat Cabang
Galis Pamekasan diantaranya: menerapkan marketing strategis, Adanya
kerjasama dalam pendistribusian ZISWAK, dan sinergitas antar lembaga
keuangan syariah dan lembaga MWC NU Galis, kemudian persentase market
share produk pembiayaan mudharabahsebesar 0,95% menunjukkan daya saing
yang masih lemah. Kedua, strategi market share produk pembiayaan mudharabah
di KSPPS BMT Nuansa Umat Cabang Galis Pamekasan dalam perspektif Analisa
SWOT terindifikasi memiliki sembilanstrenghts (kekuatan), sepuluh weaknesses
(kelemahan), sepuluh opportunities (peluang), dan sepuluh threats (ancaman),
Berdasarkan Diagram SWOT, KSPPS BMT Nuansa Umat Cabang Galis
Pamekasan berada di Kuadran I dengan koordinat (1,25 , 0,90), dan melalui Tabel
Matriks SWOT menghasilkan beberapa alternatif strategi diantaranya: Tujuh
Strategi SO, Empat Strategi WO, Tiga Strategi ST, dan Empat Strategi WT
Tidak tersedia versi lain