Text
Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Menabung Nasabah Pada Produk Tabungan Barokah di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan
Kata Kunci: Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Minat Menabung
Dunia perbankan mengalami perkembangan yang begitu pesat khususnya lembaga
keuangan syariah. Dengan semakin ketatnya tingkat persaingan antar lembaga keuangan
syariah, maka lembaga keuangan syariah seperti halnya BPRS Bhakti Sumekar harus bisa
menyiapkan strategi pemasaran yang baik dan tepat sasaran. Salah satu cara yang dapat
dilakukan oleh BPRS Bhakti Sumekar adalah dengan memperhatikan kualitas produk dan
kualitas layanan. Dengan adanya kualitas produk dan kualitas layanan yang baik harus bisa
menarik minat nasabah.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok
dalam penelitian ini, yaitu: pertama, apakah kualitas produk berpengaruh terhadap minat
menabung nasabah pada Produk Tabungan Barokah di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang
Pamekasan. Kedua, apakah kualitas layanan berpengaruh terhadap minat menabung nasabah
pada Produk Tabungan Barokah di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan. Ketiga,
apakah kualitas produk dan kualitas layanan berpengaruh terhadap minat menabung nasabah
pada Produk tabungan Barokah di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu menggunakan
analisis statistik dan angka-angka. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah
tabungan barokah di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan yang berjumlah 8.051
nasabah. Sedangkan untuk penentuan sampel peneliti menggunakan rumus slovin sehingga
diperoleh sampel yang berjumlah 99 nasabah. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian
ini adalah nonprobability sampling dengan metode Accidental sampling. Sedangkan teknik
analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian berdasarkan hasil uji parsial variabel kualitas produk diperoleh thitung
sebesar 3,441 > ttabel 1,984 yang berarti kualitas produk berpengaruh terhadap minat menabung
nasabah pada Produk Tabungan barokah di BPRS Bhakti Sumekar Kantor Cabang Pamekasan.
Untuk variabel kualitas layanan diperoleh thitung sebesar 9,075 > ttabel 1,984 yang berarti kualitas
layanan berpengaruh terhadap Produk Tabungan Barokah di BPRS Bhakti Sumekar Kantor
Cabang Pamekasan. Sedangkan untuk hasil uji simultan diperoleh nilai Fhitung sebesar 66,564
> Ftabel 3,09 yang berarti ada pengaruh signifikan secara bersama-sama antara kualitas produk
dan kualitas layanan terhadap Produk Tabungan barokah di BPRS Bhakti Sumekar Kantor
Cabang Pamekasan
Tidak tersedia versi lain