Text
Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Anggota Tabungan Tabah di KSPPS BMT NU Cabang Utama Gapura Sumenep
Kata Kunci: Kualitas Produk, Kepuasan Anggota
Persaingan yang sangat ketat di dunia lembaga keuangan syariah membuat
BMT NU harus benar-benar mempersiapkan strategi yang mampu menunjukkan
keunggulan lembaga tersebut untuk mempengaruhi orang dan anggota yang sudah
terdaftar di BMT NU Cabang Utama Gapura Sumenep. Salah satu strategi yang
harus dilakukan oleh BMT NU Cabang Utama Gapura sumenep yaitu mengenai
keunggulan kualitas produk dibandingkan dengan lembaga keuangan lainnya.
kualitas produk merupakan senjata strategi potensial untuk mengalahkan pesaing.
Kemampuan dari kualitas produk untuk menunjukkan berbagai fungsi termasuk
didalamnya ketahanan, handal, ketepatan dan kemudahan dalam penggunaan.
Penelitian ini dilakukan di BMT NU Cabang Utama Gapura Sumenep pada
anggota Tabungan Mudharabah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan anggota
tabungan tabah di KSPPS BMT NU Cabang Utama Gapura Sumenep dan untuk
mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan anggota
tabungan tabah di KSPPS BMT NU Cabang Utama Gapura Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
regresi linier sederhana dengan bantuan alat analisis SPSS versi 24. Jenis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui
kuisioner, populasi yang digunakan yaitu anggota tabungan tabah dengan jumlah
sampel 99 orang dan prosedur pengumpulan data melalui angket/kuisioner dan
dokumentasi. Pembuktian hipotesisnya menggunakan perhitungan, uji regresi linier
sederhana, uji t dan uji koefisien determinasi (r2
) dengan melakukan uji asumsi
klasik terlebih dahulu untuk mengetahui data regresi yang digunakan berdistribusi
normal.
Hasil penelitian berdasarkan hasil uji t (Parsial) variabel kualitas produk (X)
berdasarkan perhitungan diperoleh thitung 4,745 > ttabel 1,66071 sehingga H0 ditolak
dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh secara signifikan kualitas produk
terhadap kepuasan anggota tabungan tabah sebesar 4,34% dan dianggap signifikan
dengan angka signifikansi 0,000 < a = 0,05 dan berdasarkan tabel koefisien
determinasi (r2
) bahwa Adjust R Square adalah 0,180 atau 1,80%. Hal ini berarti
sebesar kemampuan regresi dalam penelitian ini menerangkan variabel
independenj kualita produk (X) mampu menjelaskan variabel dependen kepuasan
anggota tabungan tabah (Y) sebesar 1,80%, sedangkan sisanya (100%-1,80%)
98,2% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini
Tidak tersedia versi lain