Text
Analisis Pemasaran Offline dan Online di Toko BM Boutiqoe Pamekasan Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam
Kata Kunci: Pemasaran Offline dan Online, Etika Bisnis Islam
Pemasaran offline merupakan proses transaksi penjualan barang dan jasa
secara langsung, dimana produsen dan konsumemn bertemu dalam satu tempat
untuk mewujudkan terjadinya proses transaksi jual beli. Sedangkan pemasaran
online merupakan cara penjualan di sosial media seperti watshapp, instagram dan
lainnya. Pemasaran offline dan online harus sesuai dengan etika bisnis Islam dalam
aktivitas transaksi jual beli contohnya sopan santun, amanah, jujur, dan cerdas.
Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pemasaran offline dan online di toko BM Boutiqoe Pamekasan dalam perspektif
etika bisnis Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Data diperoleh dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi dari
beberapa informan seperti owner, karyawan dan pelanggan BM Boutiqoe
Pamekasan. Sedangkan untuk pengecekan data dan kekuatan pengamatan melalui
triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, pemasaran offline toko
BM Boutiqoe Pamekasan dilakukan dengan memajang barang di toko agar
pelanggan dapat memilah dan memilih barang yang diminati, sedangkan dalam
pemasarannya secara online toko BM Boutiqoe Pamekasan menampilkan foto dan
video di sosial media seperti instagram dan whatsapp. Kedua, Pemasaran offline
dan online di BM Boutiqoe Pamekasan sudah sesuai dengan indikator-indikator
etika bisnis dalam Islam. Seperti Jujur dalam bertransaksi, adil dalam melayani
pelanggan, dan menepati janji atau amanah
Tidak tersedia versi lain