Text
Analisis Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Ikan Cupang Di Peternakan Sistem Betta Di Pamekasan Perspektif Ekonomi Islam
Kata Kunci: Bauran Pemasaran (Marketing Mix), Ikan Cupang, Ekonomi Islam
Dalam melakukan pemasaran untuk mencapai pasar sasaran yang diingikan, perusahaan
menggunakan strategi bauran pemasaran (marketing mix). Marketing mix adalah seperangkat
alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus-menerus mencapai tujuan
pemasarannya pada pasar yang menjadi sasaran dengan beberapa strategi terhadap masingmasing komponen yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi. Di dalam marketing mix
terdapat strategi produk (product), harga (price), distribusi (place) dan promosi (promotion).
Berdasarkan hal tersebut, terdapat tiga pembahasan yang menjadi focus dalam
penelitian ini, yaitu: Pertama, Bagaimana penerapan bauran pemasaran (marketing mix) ikan
cupang Sistem Betta di Pamekasan; Kedua, Bagaimana penerapan bauran pemasaran
(marketing mix) perspektif ekonomi Islam; Ketiga, Bagaimana kendala bauran pemasaran
(marketing mix) ikan cupang Sistem Betta di Pamekasan. Pemilik Farm Sistem Betta
menggunakan bauran pemasaran (marketing mix) supaya strategi pemasarannya berjalan sesuai
dengan rencana dan mendapatkan hasil yang maksimal.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif atau analisis dengan menggunakan
pendekatan kualitatif. Peneliti ini menggunakan tiga prosedur pengumpulan data yaitu:
wawancara semi struktur, observasi non partisipan dan dokumentasi lainnya berupa pemilik
Farm Sistem Betta dan pembeli untuk menganalisis data, peneliti menggunakan beberapa
langkah yaitu reduksi data, sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui
ketekunan peneliti dan tringulasi.
Dari penelitian ini penulis dapat menyimpulkan, strategi pemasaran Farm Sistem Betta
sudah menggunakan bauran pemasaran (marketing mix) dengan baik. Pertama Bauran
pemasaran yang dilakukan Farm Sistem Betta meliputi produk (product) yang diwujudkan
dengan menghasilkan ikan cupang yang berkualitas, harga (price) yang diwujudkan dengan
memberikan harga yang sewajarnya, tempat (place) yang diwujudkan dengan tempat usaha
bisnis ikan cupang yang strategis, promosi (promotion) yang diwujudkan dengan melakukan
promosi. Kedua Farm Sistem Betta sudah melaksanakan bauran pemasaran syariah yang ada.
Bauran pemasaran syariah diantaranya: produk (product), produk di yang pertama memberikan
produk yang baik mutunya yang diwujudkan dengan memberikan ikan cupang dalam kondisi
sehat, yang kedua memenuhi ketentuan halal, harga (price) diwujudkan dengan yang pertama
tidak mendiskriminasi harga dan yang kedua tidak melakukan manipulasi data dengan memuji
barang tersebut aga pembeli rela menjuakl mahal(place) diwujudkan dengan usaha ikan cupang
dirumahnya sendiri dan sangat strategis, promosi (promotion) diwujudkan dengan pertama
memberikan harus terbuka dan ber etika dan yang kedua tidak melebih lebihkan informasi yang
adamelakukan promosi dengan mulut ke mulut dan media social seperti WhatsApp, Facebook,
Telegram ataupun Instagram. Ketiga, Kendala yang dialami oleh Farm Sistem Betta ada dua
yang menjadi kendala yaitu produk (product) dan harga (price). Untuk keduanya ini samasama ada di pakannya. Untuk makanan ikan cupang ada dua yaitu pakan hidup seperti kutu air,
cacing sutra dan jentik nyamuk dan pakan baku seperti cacing darah dan udang. Untuk tempat
(place) dan promosi (promosi) Farm Sistem Betta tidak ada kendala karena tempatnya yang
strategis dan promosinya juga mudah menggunakan media social saat ini
Tidak tersedia versi lain