Text
Analisis Strategi Pemasaran Dalam Menarik Minat Beli Konsumen Di Toko Mumtaz Jungcangcang Pamekasan Menurut Perspektif Ekonomi Islam
Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Pemasaran Syariah
Bauran pemasaran merupakan alat pemasaran yang baik dalam suatu
perusahaan, dimana perusahaan mampu mengatur dan mengendalikannya agar
dapat mempengaruhi target pasar sasaran. Dalam bauran pemasaran terdapat empat
unsur yang dapat dikendalikan oleh perusahaan yang dikenal dengan istilah 4P,
yaitu produk, harga, lokasi/tempat, dan promosi. Sedangkan pemasaran Syariah
adalah penerapan suatu disiplin bisnis strategis yang sesuai dengan nilai dan prinsip
syariah dan dijalankan berdasarkan konsep keIslaman yang telah diajarkan Nabi
Muhammad SAW,terdapat 4 karakteristik pemasaran Syariah, yaitu Ketuhanan
(Rabbaniyyah), Etis (Akhlaqiyyah), Realistis (Alwaqi’iyyah), Humanitas
(Insaniyyah).
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian
pokok dalam penelitian ini. Pertama, bagaimana strategi pemasaran toko Mumtaz
Jungcangcang Pamekasan dalam menarik minat beli konsumen. Kedua, bagaimana
strategi pemasaran yang diterapkan toko Mumtaz Jungcangcang Pamekasan
menurut perspektif ekonomi Islam
Penelitian ini menggunakan penelitian dengan pendekatann kualitatif jenis
lapangan (Field Reserch). Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara,
dan dokumentasi dari informan seperti manager, karyawan dan konsumen toko
mumtaz Jungcangcang Pamekasan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data
dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi,
dan kecukupan referensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama strategi pemasaran dalam
menarik minat beli konsumen di toko Mumtaz Jungcangcang Pamekasan sudah
sesuai dengan indikator bauran pemasaran seperti, Produk yang dijual merupakan
kebutuhan sehari-hari konsumen, seperti sembako, berbagai macam merk produk
yang ditawarkan dengan kualitas berbeda-beda. Harga di toko Mumtaz relatif
murah sehingga dapat dijangkau oleh konsumen. Promosi toko Mumtaz dilakukan
secara offline.Tempat/lokasi kurang strategis, karena letaknya terlalu jauh dari jalan
raya besar, namun masih bisa dijangkau oleh konsumen karena posisinya berada
diperkotaan. Kedua Strategipemasaran dalam menarik minat beli konsumen di toko
Mumtaz menurut perspektif ekonomi Islam sudah sesuai dengan indikatorindikator pemasaran Syariah. Ketuhanan (Rabbaniyah) dari segi ibadah sangat
menjaga dalam ibadahnya. Etis(Akhlaqiyyah) memberikan pelayanan yang baik
kepada konsumen, diantaranyabertuturkata yang baik, sopan dan ramah kepada
konsumen. Realistis (Alwaqiyyah) dalam berpenampilan sudah rapi dan sopan .
Humanitas (Insaniyah) dalam melayani konsumen tidak membeda-bedakan
konsumen satu dengan yang lain
Tidak tersedia versi lain