Text
Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Gebyar (Gadai BPKB Syariah) di KSPPS Nuri Jatim Cabang Kota Pamekasan,
Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, Produk Pembiayaan
Strategi pemasaran produk pembiayaan ini menjadi penentuan target dan
positioning. Pertama, Segmentasi pasar dalam strategi pemasaran pada UMKM dan
wilayah pertokoan atau pasar. Kedua, yakni pengusaha, orangtua santri, guru, dan
kerabat karyawan serta kerabat nasaah. Ketiga, label koperasi syariah yang
berafiliasi pada Pesantren Banyuanyar dan letaknya yang strategis yaitu di pusat kota
sehingga mudah dijangkau. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, bertujuan untuk
mengetahui strategi pemasaran produk GEBYAR BPKB di KSPPS Nuri Jatim Cabang
Kota Pamekasan. Teknik penelitian ini menggunakan tiga cara yakni observasi, wawancara, dokumentasi. Kemudidan hasil dari ketiganya disederhanakan menjadi
sebuah yang lebih mudah dibaca . Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa st rategi yang digunakan dalam
pemasaran produk pembiayaan ini terpetakan menjadi segmentasi pasar, penentuan
target dan positioning. pertama, segmentation dalam strategi pemasaran pada
KSPPS Nuri Jatim Cabang Kota Pamekasan adalah UMKM dan wilayah pertokoan
atau pasar yang menjadi pusat perekonomian. Kedua, penentuan target yakni
pengusaha, orang tua santri, guru dan kerabat karyawan serta kerabat nasabah yang
mudah dijangkau. Ketiga, Positioning dari KSPPS Nuri Jatim Cabang Kota
Pamekasan yakni dari label koperasi syariah yang berafiliasi pada Pesantren
Banyuanyar dan letaknya yang strategis yaitu di pusat kota sehingga mudah
dijangkau. Tantangan yang dihadapi KSPPS Nuri Jatim meliputi, pertama, persaingan
yang relatif ketat dengan lembaga keuangan lainnya. Kedua, minimnya kuantitas
dibanding lembaga lain. Ketiga, transaksi digital menjadi tantangan tersendiri bagi
KSPPS untuk menaik minat dan mengikuti perkambangan zaman
Tidak tersedia versi lain