Text
Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Pada Produk Tabungan Ukhrawi Di BMT NU Cabang Kadur Pamekasan
Kata Kunci: BMT Kadur, Cabang Kadur, Strategi Pemasaran, Tabungan Ukhrowi
Salah satu produk BMT Kadur adalah tabungan Ukhrowi. Tabungan Ukhrowi
adalah tabungan sekaligus beramal tanpa kehilangan uang tabungan, karena bagi hasil
tabungan anda di sedekahkan kepada fakir miskin dan anak yatim piatu.
Menggunakan akad mudlarabah muthlaqah dengan Setoran Awal Rp.25.000,- dan
selanjutnya minimal Rp. 5.000,- dengan bagi hasil 50 %. Layanan tabungan ukhrawi
saat ini masih belum dikenal banyak oleh masyarakat Kadur karena masyarakat
beranggapan bahwa tabungan adalah menyimpan uang dan dapat mengambil
sewaktu-waktu jika dibutuhkan.
Penelitian ini memfokuskan pada strategi pemasaran dalam meningkatkan
jumlah anggota pada produk tabungan ukhrawi di BMT NU cabang Kadur
Pamekasan dan faktor apa saja yang menjadi kendala dalam meningkatkan jumlah
anggota pada produk tabungan ukhrawi di BMT NU cabang Kadur Pamekasan?
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengerahui
strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah anggota pada produk tabungan
ukhrawi di BMT NU cabang Kadur Pamekasan dan untuk mengetahui faktor yang
menjadi kendala dalam meningkatkan jumlah anggota pada produk tabungan ukhrawi
di BMT NU cabang Kadur Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan
yaitu, metode analisis deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah BMT Cabang Kadur
yang berada di Desa Kadur Kabupaten Pamekasan. Dalam penelitian kualitatif ini
proses pengumpulan data dilakukan melalui, interview/wawancara,
pengamatan/observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan BMT Cabang
Kadur dalam meningkatkan jumlah nasabah menggunakan strategi Marketing Mix
yaitu Price, Place dan Promotion. Strategi yang paling efektif digunakan dalam
meningkatatkan jumlah nasabah yaitu dalam bentuk promotion, proses ini sangat
efektif yang digunakan BMT Cabang Kadur dibandingkan dengan produk, place, dan
price, sehingga dapat disimpulkan pendekatan promotion sangatlah berpengaruh
untuk menarik minat nasabah. Kendala yang dihadapi dalam melakukan startegi
pemasaran diantaranya adalah informasi yang disampaikan pada saat promosi produk
masih mengalami kesulitan karena istilah tabungan ukhrawi masih sangat awam dan
banyak istilah yang belum familier bagi masyarakat desa. Kendala yang dihadapi
BMT Kadur dalam perluasan pangsa pasar adalah perasaan tidak nyaman karena
seperti mencaplok daerah pangsa pasar BMT lainnya Rendahnya kompetensi nasabah
dalam pengurusan menjadi nasabah BMT
Tidak tersedia versi lain