Text
Analisis bauran Pemasaran Ayam Geprek Tok-Patok Pamekasan di Desa Blumbungan Kecamatan Larangan Pamekasan
Kata Kunci: Analisis, Bauran Pemasaran, Bauran Pemasaran Islam
Bauran pemasaran merupakan sebuah teknik pemasaran yang tediri dari
beberapa variabel (price, promotion, place, product) yang dapat dikontrol oleh
pengusaha demi membuat produknya dapat diterima oleh pasar. Bauran pemasaran
digagas oleh Neil Borden yang meruapakan cendikiawan barat, kendati demikian
ilmuan muslim juga berusaha untuk merumuskan teknik bauran pemasaran
meskipun diakui bahwa bauran pemasaran yang di rumuskan oleh cendikiawan
muslim lebih menyasar pada konsep etika yang sesuai dengan kaidah-kaidah
muamalah dalam Islam tanpa membuang strategi dasar bauran pemasaran
konvensinal yang tidak melanggar terhadap prinsi-prinsip syariah.
Terdapat dua fokus dari kajian penelitian ini: pertama, mengenai bagaimana
teknik bauran pemasaran yang digunakan oleh Ayam Geprek Tok-Patok
Pamekasan, kedua bagaimana bentuk implementasi bauran pemasaran Islam yang
diterapkan oleh Ayam Geprek Tok-Patok Pamekasan, tujuan penelitian untuk
mengetahui bauran pemasaran yang diterapkan baik dari sisi konvensional maupun
Islam, kegunaannya ditujukan untuk penulis, pemilik ayam geprek, dan civitas
akademika IAIN Madura
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif
deskriptif. Didalam penelitian ini, peneliti terlibat langsung didalam pengumpulan
data ke lapangan. Adapun sumber data diperoleh dari hasil wawancara, observasi,
dan dokumentasi dengan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan
keikutsertaan, trianggulasi sumber, pengecekan sejawat, dan kecukupan refrensi.
Kemudian data dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa teknik dilakukan didalam
bauran pemasaran Ayam Geprek Tok-Patok. Dari segi bauran pemasaran
konvensional. Harga: bundle pricing, penetration pricing, produk: brand
awareness dengan branding dan packaging yang khas, promosi: endorsment,
maksimalisasi fungsi medsos, tempat: store strategis. Pada bauran pemasaran
Islam. Harga: keuntungan tidak berlebih, harga sesuai kualitas, produk: halal dan
baik, promosi: tidak mengeksploitasi wanita, tidak berlebihan dalam promosi,
tempat: strategis, tok-patok berkelana
Tidak tersedia versi lain