Text
,Strategi Pemasaran Online dan Offlinepada Penjualan Produk Pakaian Muslim di Butik Aljazeera Collection di Desa Ahatan Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, PenjualanOnline dan Offline
Strategi pemasaran adalah pengambilan keputusan-keputusan tentang biaya
pemasaran, bauran pemasaran, pemasaran dalam hubungan dengan keadaan
lingkungan yang diharapkan dan kondisi persaingan. Pemasaran offline yaitu proses
transaksi penjulan barang dan jasa secara lansung dimana produsen dan konsumen
bertemu dan terjadinya proses transaksi jual beli. Pemasaran online adalah
pemasaran yang dilakukan melalui sistem komputer online interaktif yang
menghubungkan pelanggan dengan penjual secara elektronik penggunaan internet
dan fasilitas yang ada didalam internet untuk melakukan aktivitas marketing.
Berdasarkan hal tersebut ada pokok tujuan yang ingin di capai dalam
penelitian inidiantaranya ingin mengetahui strategi pemasaran. Selanjutnya ingin
mengetahui peluang dan kendala dari strategi pemasaran secara online dan
offlinepada penjualan produk pakaian muslim di Butik Aljazeera Cellection.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.
Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya
adalah pemilik dan karyawan Butik Aljazeera Cellection, sedangkan pengecekan
keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamat, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Butik Aljazeera Collection
menggunakan dua cara dalam melakukan strategi pemasaran, yang pertama
menggunakan strategi pemasaran secara online yaitu dengan menggunakan media
sosial yang berupa facebook, instagram, dan whatsAap. Sedangkan secara
offlinemelakukan penjualan yang di buka dari pagi jam 07:00-22:00 WIB, selain itu
melakukan promosi dan pemberian informasi melalui media cetak seperti brosur yang
dibagikan kepada masyarakat dan menggunakan baner yang dipasang di butik.
Memiliki peluang semakin meningkatnya penjualan, semakin luas jangkauan pasar,
serta semakin besar usaha, harus diperhatikan baik kualitas ataupun kuantitas barang
yang dijual, mengecek kualitas barang untuk diberikan harga yang sesuai dengan
kualitasnya serta melakukan promosi dengan pembuatan pamflet atau iklan serta
pembuatan konten dalam melawan persaingan dari kompetitor yang lain, dan terkait
pengiriman barang sebisa mungkin dikoordinasikan dari penjual kepada pembeli
sebagai sebuah bentuk pelayanan dan komonikasi yang baik sehingga orang tidak
akan komplain dan tidak enggan untuk berbelanja kembali
Tidak tersedia versi lain