Text
Implementasi Etika Bisnis Islam Pada Rumah Makan (Studi Kasus Rumah Makan Dhepor Ngapote Camplong Sampang)
Kata kunci: Etika, Bisnis Islam
Etika bisnis Islam adalah suatu ajaran untuk membedakan benar dan salah.
Etika bisnis dalam Islam meliputi jujur, amanah, cerdas, ramah dan komunikatif.
Rumah Makan Dhepor Ngapote merupakan contoh dalam menerapkan etika bisnis
secara Islam. Dalam realita bisnis kekinian terdapat kecenderungan bisnis tanpa
memerhatikan etika. Dan kekuatan modal menjadi senjata andalan dalam bersaing
di dunia bisnis. Kekacauan dalam berbisnis ini sangat mengancam pertumbuhan
bisnis. Bersama dengan semakin besarnya kesadaran etika dalam berbisnis, orang
mulai menekankan pentingnya keterkaitan faktor-faktor etika dalam bisnis.
Berdasarkan fenomena tersebut, ada satu pembasahan yang menjadi fokus
penelitian,yaitu: Bagaimana penerapan etika bisnis Islam pada rumah makan
Dhepor Ngapote Camplong Sampang. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan jenis deskripsi. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara,
observasi dan dokumentasi. Infonya dalaha pemilik rumah makan,karyawan dan
juga konsumen.sedangkan pengecekan keabsahan data yang dilakukan melalui
ketentuan pengamatan, triangulasi dan kecukupan referensi.
Hasil penelitian menunjukkkan bahwa penerapan etika bisnis Islam di
Rumah Makan Dhepor Ngapote sudah menerapkan dengan baik, meskipun tidak
sesempurna yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Adapun sifat-sifat yang masuk
dalam etika bisnis Islam diantaranya siddiq jujur dimana yang dijual tidak
termasuk produk yang dilarang dalam islam. Sifat amanah yaitu mempercayai
kinerja karyawan. Sifat tabling yaitu berkomonikasi dengan ramah,sopan, santun.
Sifat fathonah tercermin dari leadaan spritial pemilik dan karyawan yang tetap
mengedepankan spritialitas kepada Allah SWT yaitu bersifat kerja keras
Tidak tersedia versi lain