Text
Analisis Strategi Pemasaran Usaha Resto Seafood di Savory Resto Pamekasan
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Resto, Savory.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan dan persaingan perekonomian pada
masa sekarang ini semakin pesat dan ketat karena semua pihak dapat secara bebas memasuki
pasar yang diinginkan baik di dalam maupun di luar negeri tanpa adanya batasan. Perusahaan
harus lebih kreatif dan inovatif dalam merancang strategi dan misi bisnis yang akan
dilaksanakan Strategi pemasaran menjadi prioritas utama yang harus dimiliki setiap
perusahaan dalam rangka mencapai tujuan-tujuanya. Hal ini dikarenakan kegiatan pemasaran
bisnis akan sangat menentukan maju mundurnya suatu bisnis karena kegiatan pemasaran
merupakan kegiatan bisnis yang berhubungan langsung dengan masyarakat luas (pelanggan).
Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam
penelitian ini, yaitu : pertama, bagaimana strategi pemasaran usaha resto seafood di Savory
Resto Pameksan;kedua bagaimana efisiensi strategi pemasaran usaha resto seafood di Savory
Resto Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptikf.
Adapun sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan juga dokumentasi.
Informannya adalah yang menurut peneliti dianggap menguasai bidang yang diteliti oleh
peneliti, seperti pemilik resto savory serta karyawan, customer savory resto Pamekasan.
Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjang keikutsertaan,
peningkatan ketekunan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi pemasaran usaha resto seafood di
Savory Resto Pamekasan cukup banyak, yang mana diantaranya adalah strategi produk, strategi
harga, strategi promosi, strategi tempat. Serta mengoptimalkan strategi pelayanan di resto
savory, pelayanan yang baik dengan 3S (senyum salam, sapa) senantiasa dilakukan oleh para
karyawan. (2) Efisiensi strategi pemasaran resto savory diantaranya kualitas produk yang
dihasilkan itu efisien dengan bahan baku yang digunakan sehingga kualitas produknya yang
baik menarik minat konsumen untuk tetap berkunjung dan menikmati makanan yang ada di
resto savory Pamekasan. Kemudian dari segi strategi harga, dimana harga yang ditawarkan
cukup terjangkau karena bahan bakunya juga bekerja sama langsung dengan pihak nelayan
sebagai pemasok bahan baku, dengan demikian harga yang stabil dengan kualitas rasa yang
luar biasa menjadi daya tarik bagi para pengunjung di resto savory ini. Kegiatan promosi
melalui pamflet pada media sosial juga senantiasa dioptimalkan dengan mencantumkan nama
pengiring musik yang hadir di resto savory sehingga hal ini juga memikat perhatian masyarakat
untuk berkunjung ke tempat makan savory yang ada di Pamekasan
Tidak tersedia versi lain