Text
Keputusan Pembelian Jilbab Melalui Media Sosial Instagram Pada Mahasiswi Fakultas EBIS IAIN, Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Madura
Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Jilbab, Media Sosial, Instagram
.
Kehidupan manusia tidak lepas dari melakukan jual beli. Sebelum melakukan
pembelian, seseorang biasanya akan melakukan keputusan pembelian terlebih dahulu
terhadap suatu produk. Pengambilan keputusan konsumen untuk melakukan
pembelian suatu produk atau jasa diawali oleh adanya kesadaran atas pemenuhan
kebutuhan dan keinginan.
Tingkat upaya pengambilan keputusan konsumen dalam membuat keputusan
pembelian suatu merek dipengaruhi oleh faktor lingkungan, disamping tanggapan
kognitif (pengetahuan) dan efektif yang diaktifkan selama proses pengambilan
keputusan. Berdasarkan hal tersebut, ada tiga pembahasan yang menjadi fakus
penelitian, yatitu: pertama bagaimana mekanisme penggunaan instagram sebagai
media sosial dalam penjualan; yang kedua apa saja faktor yang mempengaruhi
keputusan pembelian jilbab melalui media sosisal instagram pada mahasiswi Fakultas
EBIS IAIN Madura; yang ketiga bagaimana pandangan instagram sebagai media
informasi dalam transaksi ekonomi terhadap keputusan pembelian jilbab pada
mahasiswi Fakultas EBIS IAIN Madura.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi,
informannya adalah mahasiswi Fakultas EBIS IAIN Madura, sedangkan pengecekan
keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan
pengamatan, triagulasi, dan kecukupan refrensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, dengan adanya aplikasi
instagram dinilai informatif, memudahkan penggunanya dalam berinteraksi, dengan
berbagai fitur didalamya sangat menarik untuk digunakan, dicoba fitur-fitur yag ada
yang mana juga bisa digunakan untuk mengedit foto, photogrape, bankan dinilai bisa
dijadikan peluang membantu mejalankan bisnis dan penjualan. Kedua, yang
mempengaruhi keputusan pembelian yakni faktor pribadi seperti halnya
mengutamakan kebutuhan, yang berikutnya faktor lingkungan, baik itu dari keluarga
maupun teman, selajutnya faktor psikologis yakni keyakinan akan sikap, seperti yang
disebutkan oeh beberapa informan tadi bahwa kuliatas dan harga sangat berpengaruh
terhadap keputusan pembelian produk. Ketiga, media sosial instagram memang dapat
memberikan kemudahan dalam proses promosi dan jual beli, instagram dinilai
memudahkan dalam transaksi, yang mana instagram dijadikan sebagai media
informasi
Tidak tersedia versi lain