Text
penggunaan Media Audio Visual Pada Maharatul Istima’ kelas Vll (A) Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pamekasan
Kata Kunci: Media, Audio Visual
Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyampaikan atau
menyalurkan pesan pesan dari suatu sumber secara terencana, sehingga terjadi
lingkungan yang kondusif dan penerimanya dapat melakukan proses belajar
secara efektif dan efisien. Untuk itu guru harus memiliki kemampuan yang cukup
tentang media media pembelajaran, khususnya dalam penggunaan media audio
visual karena sangat urgen dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data yang diperoleh
dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data tersebut
dianalisis dengan analisis data kualitatif deskriptif, kemudian seluruh data yang
didapat dicek keabsahannya dengan perpanjangan keikut sertaan, ketekunan
pengamatan, tringulasi, uraian rinci. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
pertama kesiapan guru dalam penggunaan media audio visual dalam maharatul
istima’ pada pembelajaran pendidikan Bahasa Arab di MTsN 1 Pamekasan,
sangatlah siap dalam menyiapkan segala hal terutama alat atau media yang
meliputi proyektor, laptop, kabel, dan lain sebagainya digunakan selama proses
belajar mengajar berlangsung, karena setiap kesiapan gutu memiliki tujuan yang
jelas dan berguna bagi siswa serta membuat siswa belajar lebih giat lagi terarah
dan besrsungguh-sungguh. Kedua, kendala yang dihadapi guru dalam penggunaan
media audio visual dalam maharatul istima’ pada pembelajaran pendidikan
Bahasa Arab di MTsN 1 Pamekasan menunjukkan bahwa guru pengajar
membutuhkan waktu yang lebih lama , belum tersedia ruang multimedia khusus ,
dan juga terbatasnya media yang ada, ketika terjadi mati lampu merupakan
kendala yang sangat serius karena materi yang disampaikan hari ini menjadi
kurang efektif dan efisien
Tidak tersedia versi lain