Text
Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi, dan Biaya Distribusi Terhadap Volume Penjualan pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk Periode 2010-2020
Kata Kunci : Biaya Produksi, Biaya Promosi, Biaya Distribusi, Volume
Penjualan
Dalam penelitian ini fenomena yang dapat diangkat yaitu adanya perusahaanperusahaan sub sektor makanan dan minuman yang sudah terdaftar di Bursa Efek
Indonesia (BEI) yang mengalami kenaikan ataupun penurunan volume penjualan
yang tejadi dari tahun 2019-2020. Dimana dari 28 perusahaan yang mengalami
kenaikan volume penjualan di tahun 2020 yaitu 7 perusahaan salah satunya PT
Indofood Sukses Makmur Tbk tetapi kenaikan volume penjualan PT Indofood
Sukses Makmur Tbk merupakan kenaikan paling terendah diantara 7 perusahaan
yang mengalami kenaikan. Selain itu juga kerena adanya perbedaan pendapat dari
adanya penelitian yang sudah dilakukan oleh beberapa peneliti sebelumnya.
Berdasarkan dari hal tersebut maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian
dengan judul Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi, dan Biaya Distribusi
Terhadap Volume Penjualan Pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk Periode
2010-2020.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
kausal. Populasi dalam penelitian ini seluruh laporan keuangan PT Indofood
Sukses Makmur Tbk yang telah di pulikasikan dengan sampel laporan keuangan
dari tahun 2010-2020. Dalam penelitian ini sumber data yang digunakan yaitu
data sekunder dan jenis data yang digunakan yaitu Time Series. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penlitian ini yaitu metode dokumentasi
laporan keuangan. Analisis data menggunakan uji asumsik klasik, uji hepotesis,
analisis linier berganda, dan koefisien determinasi.
Pada uji regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = 11,99 + 7,733 +
0,354 + 6,092. Sedangkan berdasarkan pada hasil pengujian hipotesis dengan
tingkat kepercayaan 95% menunjukkan hasil bahwa terdapat pengaruh secara
simultan antara Biaya Produksi, Biaya Promosi, dan Biaya Distribusi terhadap
Volume Penjualan pada PT Indofood Sukses Makmur Tbk periode 2010-2020.
Sedangkan secara parsial dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan antara variabel Biaya Produksi terhadap Volume Penjualan dengan nilai
signifikan sebesar 0,000. Selain itu pada variabel Biaya Promosi terhadap Volume
Penjualan terdapat pengaruh yang signifikan dengan nilai signifikan 0,000.
Sedangkan pada variabel Biaya ditribusi terhadap Volume Penjulan tidak terdapat
Pengaruh yang signifikan dengan nilai signifikan sebesar 0,999.
Tidak tersedia versi lain