Text
Implementasi Manajemen Tata Ruang Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di SMA Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan,
Kata Kunci: Tata Ruang Perpustakaan, Minat Baca Siswa
Keberadaan perpustakaan sekolah harus mampu menjalankan fungsinya
sebagai wahana belajar peserta didik dan mampu menumbuhkan kecintaan perserta
didik terhadap membaca. Untuk dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap membaca
maka diperlukan pengelolaan yang baik di dalam perpustakaan sekolah. Ada empat
permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu pertama,
bagaimana perencanaan manajemen tata ruang perpustakaan dalam meningkatkan
minat baca siswa di SMA Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan, kedua,
bagaimana pengorganisasian manajemen tata ruang perpustakaan dalam
meningkatkan minat baca siswa di SMA Hidayatun Najah Samiran Proppo
Pamekasan, ketiga, bagaimana pelaksanaan manajemen tata ruang perpustakaan
dalam maningkatkan minat baca siswa di SMA Hidayatun Najah Samiran Proppo
Pamekasan, keempat, bagaimana evaluasi implementasi manajemen tata ruang
perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di SMA Hidayatun Najah
Samiran Proppo Pamekasan.
Peneliti dalam melakukan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh oleh peneliti berupa
wawancara (semi terstruktur) kepada kepala sekolah, kepala perpustakaan, staff
perpustakaan dan siswa, observasi (non partisipan) dan dokumentasi. Sedangkan
untuk pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan peneliti,
triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, berencana menata ruang
perpustakaan se-estetik mungkin. Dan setiap siswa yang masuk keperpustakaan, akan
didata dan siapa siswa yang sering ke perpustakaan, akan beri reaward. Supaya siswa
lebih giat keperpustakaan untuk meningkatkan minat bacanya, kedua, dalam
pengorganisasian perpustakaan di SMA Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan
dengan cara bermusyawarah terkait pembentukan struktural perpustakaan, ketiga,
dalam pelaksanaan manajemen tata ruang perpustakaan, belum tertata secara efektif.
Dikarenakan pada awalnya perpustakaan berada di lantai 2. Lalu, di pindah ke lantai
1. karena lantai 2 mau digunakan sebagai laboratorium, keempat, evaluasi tentang
perpustakaan di SMA Hidayatun Najah Samiran Proppo Pamekasan. Dengan cara
mengadakan rapat. Dengan adanya evaluasi tentang perpustakaan, guna untuk
memecahkan masalah yang ada di perpustakaan, dan untuk mecari solusi bersama
Tidak tersedia versi lain