Text
Penerapan Metode Diskusi Untuk Mengembangkan Soft Skill Komunikasi Siswa di MTS AzZubair Sumber Anyar Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan
Kata Kunci: Metode Diskusi, Soft Skill, Komunikasi
Dalam mengembangkan soft skill komunikasi siswa, maka salah satunya itu dengan cara menggunakan
metode diskusi. Soft skill merupakan keterampilan seseorang yang mempunyai kelebihan dan kemampuan. soft
skill berkaian dengan kemampuan berbahasa, kebiasaan pribadi, keterampilan berbicara, berkomunikasi yang
baik
Berdasarkan hal tersebut, maka masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah pertama bagaimana
guru mengembangkan soft skill komunikasi siswa di MTs Az-Zubair dengan menggunakan penerapan metode
diskusi, kedua Apa faktor pendukung dan penghambat penerapan metode diskusi untuk mengembangkan soft
skill komunikasi siswa di MTs Az-Zubair Sumber Anyar Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan, ketiga
bagaimana manfaat penerapan metode diskusi untuk mengembangkan soft skill komunikasi siswa di MTs AzZubair Sumber Anyar Larangan Tokol Tlanakan Pamekasan.
penelitian ini menggunakan Pendekatan yang digunakan dalam adalah pendekatan kualitatif, jenis
penelitiannya deskriptif. Tehnik pengumpuln data pada penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Sedangkan yang menjadi nara sumber adalah Kepala Sekolah, Guru, dan siswa MTs Az-Zubair
Sumber Anyar. Data yang diperoleh dianalisis melalui 3 tahap, yaitu: Reduksi data, penyajian data, dan
kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan kehadiran
peneliti, observasi yang mendalam dan triangulasi, triangulasi disini menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, penerapan metode diskusi untuk mengembangkan soft
skill komunikasi siswa. Yaitu di lembaga az-zubair menganjurkan prnggunaan metode diskusi dari pada metode
lain, kemudian guru membuat prangkat pembelajaran dengan mengaitkan materi pelajaran dengan
menggunakan metode diskusi, sehingga siswa dapat aktif dan berkomunikasi satu sama lain. Kedua, faktor
pendukung dan penghambat penerapan metode diskusi untuk mengembangkan sotf skill komunikasi, faktor
pendukung, kemampuan guru dalam mengelola kelas dengan menggunakan metode diskusi dengan waktu yang
cukup singkat, adanya sarana prasarana seadanya, adanya minat pembelajaran yang tinggi dari siswa.
Sedangkan faktor penghambatnya dalam menggunakan penerapan metode dikusi untuk mengembangkan soft
skill komunikasi siswa pada saat pembelajaran yitu singkatnya waktu, siswa bersal dari daerah berbeda dengan
latar belakang yang berbeda. Ketiga, manfaat penerapan metode diskusi untuk mengembangkan soft skill
komunikasi siswa. Manfaatnya, materi pelajaran lebih mudah dicerna, dapat meningkatkan kosa kata
kebahasaan siswa, mengembangkan dan membiasakan berfikir kritis, melatih kemampuan berbicara, serta
menambah wawasan baru kepada peserta didik, saling menghargai satu sama lain, berani mengemukakan
pendapat, perkembangan komunikasi lebih meningkat
Tidak tersedia versi lain