Text
Strategi Kepala Madrasah Dalam Memotivasi Pendidik Untuk Memanfaatkan Teknologi Informasi Dalam Proses Pembelajaran di MAN 1 Pamekasan,
Kata Kunci : Strategi Kepala Madrasah, Motivasi, Teknologi Informasi
Kepala madrasah yang memiliki peran untuk meningkatkan mutu
pendidikan di tengah perkembangan zaman harus memiliki strategi tersendiri untuk
dapat memotivasi pendidik agar bisa memanfaatkan teknologi informasi pada
proses pembelajaran, karena pendidik merupakan seseorang yang terlibat langsung
dalam proses pembelajaran, dan pendidik adalah orang yang memiliki pengaruh
besar terhadap keberhasilan seorang siswa.
Berdasarkan hal tersebut maka skripsi ini membahas tentang : Pertama,
strategi kepala madrasah dalam memotivasi pendidik untuk memanfaatkan
teknologi informasi dalam proses pembelajaran di MAN 1 Pamekasan. Kedua,
gambaran keberhasilan motivasi kepala madrasah kepada pendidik dalam
memanfaatkan teknologi informasi pada proses pembelajaran di MAN 1
Pamekasan. Ketiga, kendala yang sering dialami kepala madrasah dalam
memotivasi pendidik untuk memanfaatkan teknologi informasi pada proses
pembelajaran di MAN 1 Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif.
Sumber data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Kepala madrasah, pendidik, dan murid MAN 1 Pamekasan menjadi informan dalam
penelitian ini.
Hasil Penelitian Menunjukkan bahwa: Pertama, Strategi kepala madrasah
dalam memotivasi pendidik untuk dapat memanfaatkan teknologi dalam proses
pembelajaran yaitu dengan memenuhi fasilitas yang di butuhkan, serta memberi
arahan atau dukungan serta di ikutkan pelatihan-pelatihan terhadap guru dalam
penggunaan atau pemanfaatan teknologi pada proses pembelajaran. Kedua,
Gambaran keberhasilan dari adanya motivasi kepala madrasah untuk pendidik agar
memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran di MAN 1 Pamekasan
terbilang berhasil, karena para pendidik setelah mendapat motivasi walaupun hanya
untuk hal-hal yang paling mendasar sedikit banyak sudah bisa dan mengerti cara
memanfaatkan teknologi yang dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Ketiga,
Kendala yang sering dialami oleh kepala madrasah dalam memotivasi pendidik
untuk memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran yaitu sulitnya para guru
senior memahami bagaimana penggunaan atau pemanfaatan teknologi, serta guru
lainnya yang masih gagap dalam menggunakan teknologi
Tidak tersedia versi lain