Text
mplementasiGuruDalam PengembanganNilai-NilaiSpiritualDi MadrasahAliyahNegeri1Pamekasan
KataKunci:ImplementasiGuru,PengembanganNilai-NilaiSpiritual
Penelitianinimembahastentangimplementasigurudalam pengembangannilainilaispiritualyangdititikberatkandenganupayasadaryangdilakukanolehgurudalam
mengembangkansebuahmadrasahyangberlandaskannilai-nilaikeislamanseperti
halnyamenjagasopansantundanberakhlakulkarimah,sehinggaakanmenciptakan
suasanabaikdannyamandalam sebuahmadrasahMAN 1Pamekasan,baikguru
denganguru,gurudenganmurid,ataupungurudenganlingkunganmadrasah.
Berdasarkanpenjelasandiatasmunculbeberapafokuspenelitiansebagaiberikut:
pertama,Apasajanilai-nilaispiritualyangdikembangkandiMAN1Pamekasan?.Kedua,
Bagaimanaaktivitasgurudalammengembangkanmadrasahberbasisnilai-nilaispiritual
diMAN 1 Pamekasan?.Ketiga,Apa saja yang menjadifaktorpendukung dan
penghambataktivitas guru dalam mengembangkan madrasah berbasis nilai-nilai
spiritualdiMAN1Pamekasan?.
Penelitian inimenggunakan pendekatan kualitatifdan jenis penelitiannya
menggunakandeskriptif.Prosedurpengumpulandatadiperolehmelaluiwawancara,
observasidandokumentasi.Sumberdataadalahkepalasekolah,guru,dansiswa.
PenelitianiniberlangsungdaribulanNovembersampaidengandesember.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama,Nilai-nilai spiritual yang
dikembangkandikembangkandiMAN1Pamekasanadalahnilaiakhlak,nilaietika,serta
nilaimoral.Keduaaktivitasgurudalam mengembangkanmadrasahberbasisnilai-nilai
spiritualdiMAN1Pamekasanadalahguruberupayauntukmemberikanhal-halyang
bisamembangunnilaispiritualanaklebihbaiksepertihalnyaguruselalumenanamkan
nilaiakhlak,etika,moral,serta nilaireligius yang dihasiloleh kegiatan-kegiatan
keagamaan.Ketiga,Yangmenjadifaktorpendukungdanpenghambataktivitasguru
dalam mengembangkanmadrasahberbasisnilai-nilaispiritualdiMAN1Pamekasan
adalahyangmenjadifaktorpendukunutamayaitudukungankepalasekolahserta
kinerjaguruyangbaik.Selainiitusaranadanprasaranakeagamaanyangmemadai.
Sedangkanyangmenjadifaktorpenghambatadaduafaktor,yaitufaktorinternaldan
eksternal.Dimanafaktorinternalyangdatangnyadaridalam yaitusiswayangkurang
berpartisipasi.Sedangkanfactoreksternalyangdatangnyadariluarsepertihalnya
pengaruhlingkunganmasyarakatdanlingkungankeluarga
Tidak tersedia versi lain