Text
Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di SMP Negeri 2 Pademawu
Kata Kunci: Peningkatan Kedisiplinan Peserta Didik
Disiplin merupakan unsur yang penting bagi setiap individu untuk
membentuk pola perilaku yang sesuai, baik ditinjau dari manusia sebagai makhluk
individu maupun makhluk sosial. Individu yang disiplin dapat melaksanakan
tugas dengan tertib dan teratur sesuai dengan tata tertib yang berlaku yang akan
menjadikan hidup mereka teratur.
Berdasarkan penjelasan di atas muncul beberapa fokus penelitian sebagai
berikut: pertama, Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kedisiplinan
peserta didik di SMP Negeri 2 Pademawu. Kedua, Apa saja faktor pendukung dan
penghambat dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di SMP Negeri 2
Pademawu.
Dalam penelitian ini pendekatan yang dilakukan oleh peneliti yaitu
pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Jenis penelitian deskriptif
bertujuan untuk mendeskripsikan suatu keadaan atau fenomena yang terjadi saat
ini sesuai kejadian dilapangan, dengan memanfaatkan prosedur ilmiah untuk dapat
menjawab masalah secara actual. Sumber data yang diperoleh dari wali kelas,
guru, dan peserta didik. Tehnik pengumpulan data menggunakan trianggulasi
sumber, dimana peneliti melakukan wawancara dengan beberapa narasumber
dengan pertanyaan yang sama sampai dengan mendapatkan jawaban yang
sama/valid.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, upaya guru dalam meningkatkan
kedisiplinan peserta didik di SMP Negeri 2 Pademawu dengan menjalankan
aturan yang sudah di buat oleh lembaga pendidikan. Dan juga guru memberikan
contoh kepada peserta didik bagaimana agar kedisiplinan yang diterapkan oleh
guru bisa ditiru oleh pesrta didiknya. Kedua, Apa saja faktor pendukung dan
penghambat dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di SMP Negeri 2
Pademawu semua elemen warga sekolah mulai kepala sekolah dan semua guru
ikut membantu dalam rangka mendisiplinkan peserta didik agar bisa menjadi
pribadi yang lebih baik. Dan juga aturan yang sudah dibuat oleh sekolah dapat
membantu guru-guru dalam menjalankan kedisiplinan. Sedangkan yang menjadi
faktor penghambatnya adalah siswa itu sendiri yang susah untuk diatur sehingga
menyukitkan bagi pendidik untuk mendisiplinkan siswa
Tidak tersedia versi lain