Text
Pengelolaan Ngaji Jurnalistik sebagai Pengembangan Kemampuan Menulis Siswi di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Bettet Pamekasan
Kata Kunci: Pengelolaan Ngaji Jurnalistik, Menulis, Madrasah Aliyah
Pengelolaan ngaji jurnalistik adalah kegiatan madrasah yang dikelola
sebagai wadah kepenulisan peserta didik agar mereka menggemari dunia
kepenulisan sehingga dapat menghasilkan karya dan perubahan yang optimal.
Menulis adalah sebagai suatu bentuk komunikasi tertulis yang memuat gagasan,
tuturan, tatanan dan wahana sehingga memiliki makna untuk mencapai tujuan
tertentu. Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Bettet Pamekasan merupakan salah satu
madrasah yang menyelanggarakan kegiatan jurnalistik, tepatnya ngaji jurnalistik.
Berdasarkan hal tersebut, ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian
utama dalam penelitian ini yaitu: Pertama, bagaimana guru mengelola ngaji
jurnalistik sebagai pengembangan kemampuan menulis siswi di Madrasah Aliyah
Miftahul Ulum Bettet Pamekasan; Kedua, faktor apa saja yang mempengaruhi
pengelolaan ngaji jurnalistik sebagai pengembangan kemampuan menulis siswi di
Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Bettet Pamekasan. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research).
Pengumpulan data yang diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Sumber data menggunakan manusia dan non manusia. Jenis data
menggunakan data primer. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data,
penyajian data, dan triangulasi. Informannya adalah guru, pembina, dan siswi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Pertama, ngaji jurnalistik di
Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Bettet Pamekasan didirikan oleh kepala madrasah
dan kemudian dikelola oleh guru matapelajaran. Kegiatan ini dilaksanakan setelah
jam pelajaran berakhir yaitu pukul 11.30-12.30. Pengelolaan ngaji jurnalistik di
madrasah ini dipasrahkan kepada pembina dan guru berdasarkan jadwal yang sudah
ditentukan oleh sekolah dan dikoordinasikan kepada pembina jurnalistik. Guru
melakukan pengelolaan ngaji jurnalistik dengan memberikan gambaran dan metode
terlebih dahulu untuk mengasah kemampuan siswi dalam menulis dan bentuk
pengawasannya dengan melakukan koordinasi ke pembimbing kemudian
mengadakan rapat dengan tema yang ditentukan, dan disitulah pengelola
mengawasi apa yang dikerjakan siswi. Beberapa karya yang dihasilkan oleh siswi
dari kegiatan ngaji jurnalistik yaitu karya sastra dan karya ilmiah. Kegiatan ini
dipublikasikan melalui majalah dinding madrasah dan majalah Az-Zahra. Kedua,
faktor yang mendorong terbentuknya kegiatan ini yaitu adanya kebutuhan siswi,
sebagai wadah menampung produk kreatifitas siswi dan melihat dari potensi siswi
yang luar biasa. Beberapa faktor yang memengaruhi pengelolaan kegiatan ini yaitu
faktor pendukung yang berupa tersedianya fasilitas ruangan untuk mengelola
penulisan dan faktor penghambat yang berupa banyaknya tugas sekolah yang
membuat semangat siswi menurun, kesulitan saat memulai suatu karya, dan
kurangnya minat baca
Tidak tersedia versi lain