Text
Manajemen Sekolah Dalam Pembelajaran PAUD Pada Masa Pandemi Covid-19 di RA Al-Munawwarah Pamekasan
Kata kunci: Manajemen Sekolah, Pembelajaran, PAUD, Pandemi Covid-19.
Manajemen sekolah dalam pembelajaran merupakan suatu kegiatan
perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi yang berkenaan dengan pelaksanaan
proses belajar mengajar. Hal tersebut harus dilaksanakan mengingat adanya
pandemi Covid-19 juga berdampak besar terhadap dunia pendidikan dan mengubah
tatanan pendidikan yang seharusnya pembelajaran dilaksanakan secara tatap muka
menjadi pembelajaran dilaksanakan secara online atau pembelajaran jarak jauh.
Berdasarkan hal tersebut, maka ada empat permasalahan yang menjadi
kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana manajemen
perencanaan pembelajaran PAUD pada masa pandemi Covid-19 di RA AlMunawwarah Pamekasan; kedua, bagaimana manajemen pelaksanaan
pembelajaran PAUD pada masa pandemi Covid-19 di RA Al-Munawwarah
Pamekasan; ketiga, bagaimana manajemen evaluasi pembelajaran PAUD pada
masa pandemi Covid-19 di RA Al-Munawwarah Pamekasan; keempat, apa saja
kendala yang terjadi dalam pelaksanaan pembelajaran PAUD pada masa pandemi
Covid-19 dan bagaimana langkah-langkah untuk mengatasi kendala tersebut di RA
Al-Munawwarah Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus deskriptif. Sumber data diperoleh dengan cara observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Informannya adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Waka
Kesiswaan, Guru Pengajar, dan Wali Murid. Sedangkan pengecekan keabsahan
data yang digunakan yaitu perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan
triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, manajemen perencanaan
pembelajaran PAUD pada masa pandemi Covid-19 di RA Al-Munawwarah
Pamekasan dilakukan dengan merencanakan ulang pembelajaran termasuk
didalamnya RPPH dan RPPM sebagai suatu upaya agar pembelajaran dapat
dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19. Kedua, manajemen pelaksanaan
pembelajaran dilaksanakan secara online atau daring. Ketiga, yaitu manajemen
evaluasi pembelajaran yang mana dilakukan dengan mengamati pelaksanaan proses
pembelajaran dan pemberian tugas disetiap akhir pembelajaran. Keempat, yaitu
kendala yang sering terjadi yaitu peserta didik menjadi kurang fokus dan kurang
semangat belajar, kurangnya kuota internet dan jaringan internet yang mengalami
gangguan dalam pelaksanaan pembelajaran. Cara mengatasi kendala yaitu orang
tua harus berkomunikasi dan bekerja sama dengan guru, serta diberikan voucher
kuota internet gratis dari pihak sekolah
Tidak tersedia versi lain