Text
Implementasi Manajemen PAUD dalam Membentuk Karakter Religius Anak di TK Anuqayah Guluk-Guluk Sumenep
Kata Kunci: Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini, Karakter Religius
Pendidikan anak usia dini merupakan jenjang pendidikan yang dilaksanakan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditunjukkan bagi anak sejak lahir hingga usia enam tahun yang dilakukan dengan pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani anak. Pendidikan anak usia dini juga menjadi tempat yang efektif dalam melaksanakan pendidikan karakter terutama dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius. Untuk mewujudkan hal tersebut maka diperlukannya pengelolaan manajemen PAUD yang harus dilaksanakan sesuai dengan fungsinya mulai dari perencanaan pendidikan anak usia dini, pelaksanaan pendidikan anak usia dini, pengawasan pendidikan anak usia dini, dan juga evaluasi pendidikan anak usia dini. Dengan melalui keempat fungsi manajemen PAUD tersebut maka akan sangat berpengaruh terhadap pembentukan karakter religius anak.
Berdasarkan hal tersebut peneliti memfokuskan pada empat masalah pertama, Bagaimana perencanaan PAUD dalam membentuk karakter religius anak di TK Annuqayah Guluk Guluk Sumenep? Kedua, bagaimana pengorganisasian PAUD dalam membentuk karakter religius anak di TK Annuqayah Guluk Guluk Sumenep? Ketiga, bagaimana pelaksanaan PAUD dalam membentuk karakter religius anak di TK Annuqayah Guluk Guluk Sumenep? Keempat bagaimana pengawasan PAUD dalam membentuk karakter religius anak di TK Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep? Kelima bagaimana evaluasi PAUD dalam membentuk karakter religius anak di TK Annuqayah Guluk Guluk Sumenep?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Informennya adalah kepala TK Annuqayah, Tenaga Kependidikan TK Annuqayah, dan salah satu guru kelas A dan B. Metode pengecekan keabsahan data diperoleh dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Sedangkan tahapan-tahapan yang dilakukan oleh peneliti dalam menganalisis data diantaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
Tidak tersedia versi lain