Text
Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MA Miftahul Qulub Polagan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan
Kata Kunci: Implementasi Manajemen Kurikulum, Mutu Pendidikan
Manajemen kurikulum adalah suatu system pengelolaan kurikulum yang
kooperatif, komperhensif, sistemik, dan sistematik dalam rangka mewujudkan
ketercapaian tujuan kurikulum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui model manajemen kurikulum di MA Miftahul Qulub Polagan
Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan, mengathui proses peningkatan mutu
pendidikan di MA Miftahul Qulub Polagan Kecamatan Galis Kabupaten
Pamekasan, mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung yang
mempengaruhi pengimplementasian Manajemen Kurikulum dalam meningkatkan
mutu pendidikan di MA Miftahul Qulub Polagan Kecamatan Galis Kabupaten
Pamekasan dan mengetahui peranan manajemen kurikulum dalam meningkatkan
mutu pendidikan di MA Miftahul Qulub Polagan Kecamatan Galis Kabupaten
Pamekasan.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan pendekatan
kualitatif deksriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi,
wawancara mendalam dan dokumentasi yang berkaitan tentang pokok bahasan
berupa buku, dokumentasi sekolah, dan berbagai sumber terkait. Informasinya
adalah kepala sekolah, waka kurikulum dan siswa di MA Miftahul Qulub Polagan
Kecematan Galis Kabupaten Pamekasan. Hasil penelitian ini adalah: MA Miftahul
Qulub Polagan mendapatkan surat penunjukan pemerintah sebagai pelaksanaan
kurikulum 2013, jadi pada saat ini MA Miftahul Qulub menggunakam kurikulum
2013 dan masih proses transisi ke kurikulum merdeka. Perencanaan,
pengembangan, pelaksanaan dan evaluasi kurikulum di MA Miftahul Qulub
Polagan dilakukan secara komprehensif sesuai dengan tuntunan kurikulum 2013.
Meski terdapat beberapa kendala yang dapat ditangani. MA Miftahu Qulub
Polagan sangat mengedepankan peningkatan mutu pendidkan. Hal ini dibuktikan
dengan nilai AKREDITASI A, dengan presensi target lulusan UN yang mencapai
100% selama empat tahun terakhir serta telah memiliki SDM yang profesional
dan sarana prasarana yang diperlukan sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan.
Kurikulum MA Miftahul Qulub Polagan memegang andil 90% terhadap
pengembangan mutu madrasah dan pendidikan. Hal ini dibuktikan dengan
melaksanakan berbagai inovasi dalam perubahan model pembelajaran di
madrasah dan bisa menjawab kebutuhan masyarakat.
faktor pendukung yang mempengaruhi pengimplementasian manajemen
kurikulum dalam meningkatkan mutu pendidikan di MA miftahul Qulub Polagan
Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan yaitu sebagai berikut; Pertama, adanya
tenaga yang kompeten dan profesional. Kedua, adanya dukungan dari wali murid
dan masyarakat sekitar. Ketiga, adanya fasilitas yang memadai. Keempat, adanya
fasilitas bantu sebagai pendukung. Kelima, adanya penunjang pendidikan seperti
tenaga administrasi pembimbing, pustakawan, laboratorium. Keenam, adanya
dana yang memadai. Ketujuh, adanya manajemen yang baik
Tidak tersedia versi lain